Virus Trojan Baru Di Android Ditemukan
Ilustarsi Era Digital

Android sekarang merupakan sistem operasi yang paling banyak digunakan. Sistem operasi besutan google ini terus meningkatkan performanya serta fiturnya. Sistem operasi Android biasa menggunakan nama makanan sebagai trademark atau merk dagangnya. Mulai dari Android Cupcake sampai sekarang Nougat ( yang saya tau ). Android memang terbukti paling banyak digunakan oleh seluruh pengguna smartphone di dunia. Pasalnya, Android memang sistem operasi paling mudah untuk digunakan, dan gampang juga untuk diutak-atik. Di sisi lain, karena saking banyaknya yang menggunakan sistem operasi Android, pasti tidak sedikit virus yang bertebaran untuk platform mobile ini,  sekarang terdeteksi ada virus trojan baru.

Meskipun kamu sudah memiliki anti-virus di smartphone, tidak menutup kemungkinan kalau smartphone kamu tetap bisa terkena serangan virus.

Baru-baru ini dikabarkan Virus Trojan telah menyerang beberapa pengguna Android diseluruh dunia.

Ya, seperti dilansir dari TechViral, sebuah perusahaan keamanan bernama Dr. Web telah menemukan virus jenis Trojan terbaru yang berbahaya.

Apa bahayanya?

Virus ini menyerang perangkat berbasis Android. Yang lebih mengerikannya lagi, virus ini mampu meng-install aplikasi secara otomatis yang berada pada Google Play Store . Virus jenis Trojan ini dinamakan Android.Slicer .


Virus tersebut diketahui bersembunyi dalam sebuah aplikasi yang menyediakan fungsi pembersihan memori smartphone dan menutup aplikasi yang tidak digunakan.

Mungkin terdengar biasa bukan kalau sebuah virus dapat mengakses instalasi sendiri tanpa diketahui.

Baca Juga: 3 Smartphone Mewah Dengan Harga Yang Sangat Murah, Cocok Untuk Kamu!!

Namun, yang lebih berbahaya adalah virus ini mampu meng-install aplikasi berbayar yang disediakan oleh Google Play tanpa kamu ketahui.

Bukankah meng-install aplikasi berbayar itu harus minta persetujuan terlebih dahulu?

Benar! Nah , akibat terjangkitnya Android.Slicer, smartphone mampu melakukan hal tersebut dan dampaknya tagihan pada kartu kredit yang kamu daftarkan akan melonjak. Namun, hal ini hanya bisa terjadi untuk perangkat Android dengan sistem operasi Android 4.3 saja. Sebab, Trojan ini dapat mengunduh

Android.Rootkit.40 yang hanya bisa digunakan pada Android 4.3, dan memberikan akses Android.Slicer untuk melakukan instalasi aplikasi berbayar.

Menyeramkan bukan? Perlu diingat, hingga tulisan ini dipublikasikan, virus ini masih menyerang smartphone Android 4.3 saja. Belum ditemukan adanya kabar untuk Android.Slicer yang menyerang sistem operasi Android 4.4 hingga Android 6.0 . Tuliskan pendapat kamu pada kolom komentar di bawah ya.