Cara mempercepat android tanpa root
Android Operating System | Images by Flickr

Android merupakan sistem operasi yang paling banyak diminati oleh orang Indonesia terutama pada gadget bermerk seperti samsung dan yang lainnya. Banyak pengguna Android yang ingin mempercepat android tanpa root.

Root adalah keadaan dimana perangkat seluler kita sudah bisa dikendalikan penuh atau bisa disebut semua hak akses adalah milik kita. Dengan di root makan kita bisa melakukkan apa saja sesuai yang kita mau seperti mengcustomisasi tampilan android kita agar lebih smooth dan menarik serta bisa mempecepat Kinerja android menjadi lebih maksimal.

Sejak awal kemunculannya, memang smartphone berbasis android ini telah sukses menyedot perhatian para pecinta gadget. Hal ini selain mudah untuk pengoperasiannya, aplikasi yang disediakan oleh OS ini begitu beragam.

Bagi kalian yang ingin menggunakan ponsel android lebih cepat, kali ini saya akan memberikan artikel mengenai trik jitu mempercepat android tanpa root. Tidak hanya perangkat komputer saja, saat ini perangkat gadget pun mengalami penurunan performasi terutama pada bidang kecepatan mengolah data. Dikarenakan disebabkan oleh beberapa faktor.

Ini Juga Cara Yang Sama: Cara Mempercepat Android Dengan RAM 1 GB


Faktor utama penyebab melambatnya kinerja dari ponsel android ini adalah karena banyaknya file sampah atau kapasitas memori internal yang sudah terlalu penuh. Untuk itu perlu dilakukan pengecekan ulang agar performa smartphone kembali normal, nah untuk itu anda harus lakukan perawatan masalah penyimpanan file android anda yang disarankan pada link cara bersihkan memori untuk percepat HP Android berikut ini.

Baiklah langsung saja simak ulasan Trik Jitu Mempercepat Android Tanpa Root dibawah ini.

Uninstall Aplikasi yang Tak digunakan

Cara Mudah Percepat Hp Android yang pertama ialah dengan menghapus beberapa aplikasi yang sekiranya sudah tidak terlalu dibutuhkan lagi. Sekarang coba cek di ponsel kamu ada berapa banyak aplikasi yang sudah di install, lalu seleksi kira-kira mana yang saat ini sudah sangat jarang digunakan. Beberapa contohnya aplikasi chat, editing foto, sosial media seperti instagram seperti facebook atau Instagram.

Sebenarnya semakin banyak aplikasi yang di install akan membuat beban smartphone makin berat, maka dari itu bijaklah dalam menggunakan aplikasi ini. jika memang sudah tak merasa penting lagi digunakan sebaiknya di uninstall saja akan tetapi ada aplikasi yang bisa dioperasikan tanpa diinstal terlebih dahulu, ingin tau bagaimana caranya bisa anda ketahui selengkapnya pada link cara menjalankan Aplikasi Android tanpa Install dengan Google Chrom.

Baca Juga: Inilah Aplikasi Android Yang Bisa Digunakan Untuk Internet Gratis

Batasi Penggunaan Widget

Selain aplikasi yang di install di android, salah satu penyebab smartphone jadi lelet adalah widget. Jika terlalu banya widget yang diterapkan pada smartphone, maka hal ini pun bisa berdampak pada kinerja RAM yang harus bekerja lebih keras lagi, memang aplikasi widget tersebut menarik apalagi beberapa widget menarik yang terdapat pada Aplikasi Battery Widget Unik tersebut.

Untuk itu, batasi penggunaan widget sesuai kebutuhan saja, seperti penunjuk waktu, maupun tanggal saja. Lalu jika biasanya membuat shortcut untuk sosial media atau aplikasi lainnya, sebaiknya dihindari saja, jika ingin membuka aplikasi tersebut langsung saja masuk kedalam menu utama.

Gunakan Clean Master

Cara Mudah Percepat Hp Android tanpa root yang terakhir ialah menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga, disini kami menyarankan clean master. Aplikasi pembersih file sampah ini selain ringan, kinerjanya pun juga cukup maksimal untuk menghapus beberapa sampah dari aplikasi yang baru saja digunakan, nah untuk menghasilkan kinerja lebih maksimal anda bisa menerapkan 3 cara agar RAM tidak cepat penuh di Android berikut ini.

Dengan menggunakan aplikasi clean master ini, maka kamu pun bisa membersihkan Junk (file sampah) maupun cache yang bisa menghambat kinerja smartphone tersebut.

Nah itu tadi ulasan dari kami tentang Cara Mudah Percepat Hp Android tanpa root. Untuk anda yang ingin mencobanya pun bisa langsung menerapkannya atau anda ingin juga meningkatkan performa kinerja RAM HP Android anda yang bisa disimak dalam cara meningkatkan kinerja RAM untuk percepat HP Android, selamat mencoba.