Trik Menghindari penyadapan telepon
Ilustrasi Penyadapan | Pixabay

Perkembangan teknolgi semakin meningkat dengan sangat cepat. Bahkan sekarang segala aktivitas manusia sudah menggunakan teknologi dan perangkat seperti gadget dan komputer sangat berperan penting dalam menjalankan segala aktivitas harian umat manusia.

Disamping peningkatan penggunaan teknologi informasi dikalangan masyarakat. Maka, banyak sekali kejahatan-kejahatan yang dilakukkan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Misalnya ada yang memanfaatkan teknologi untuk menipu orang lain dan yang paling parah kejahatan yang akan membongkar privasi kita.

Kejahatan tersebut biasa disebut penyadapan. Jadi, prosesnya handphone atau perangkat teknologi kita akan dipantau oleh orang yang ingin mengungkap privasi kita lewat jarak jauh. Tak jarang orang yang melakukkan kejahatan tersebut dengan sengaja akan mengunci file dan dokumen yang kita anggap penting. Bahkan ada juga yang menyebarkan informasi kita ke media sosial.

Faktor keamanan pada perangkat teknologi, seperti telepon seluler pintar, semakin hari semakin penting. Mungkin ponsel kamu sudah dibekali dengan password yang rumit atau pemindai sidik jari, tetapi saluran yang kamu gunakan belum tentu aman.

Ponsel yang dibekali password serumit apapun pasti gak akan menjamin bahwa ponsel tersebut sudah aman dari penyadapan.


Nah, adakah cara untuk memeriksa apakah komunikasi kamu aman dari telinga-telinga tukang sadap? Tentu saja ada dan sederhana.

Baca Juga: Waspada! Virus Trojan Baru Serang Android

Berikut adalah dua cara sederhana untuk memeriksa apakah ponsel kamu disadap seperti yang diulas oleh JalanTikus:

1. Kode Ngecek Penyadap: *#21

Kode rahasia smartphone ini berguna untuk mengetahui apakah ada pengalihan panggilan aktif atau tidak di smartphone-mu. Jika kamu tidak merasa mengaktifkan pengalihan panggilan tapi layanan ini aktif, maka bisa dipastikan ada pihak yang sedang menyadapmu.

Pada smartphone kamu coba ketik *#21#, lalu tekan tombol Call. Maka akan muncul keterangan apakah layanan pengalihan panggilan smartphone-mu aktif atau tidak. Mudah banget kan?

2. Kode Menghentikan Penyadap: ##002

Gak cuma bisa mengetahui status pengalihan panggilan, kamu juga bisa membatalkan pengalihan panggilan di smartphone-mu. Dengan begitu, maka penyadap tidak akan bisa lagi mengetahui panggilan yang masuk ke smartphone milikmu.

Untuk melakukannya, silakan tekan ##002# dan tekan tombol Call. Tunggu hingga proses MMI berjalan hingga selesai.
Mudah banget, kan?

Enggak perlu minta tolong operator atau pihak tertentu untuk mengetahui apakah smartphone kamu disadap atau tidak. Jadi, yuk cek smartphone kamu! Siapa tahu ada yang menyadapmu diam-diam.

Demikian artikel yang telah saya buat. Mudah-mudahan artikel ini bermanfaat untuk Anda yang membacanya dengan ikhlas.