Manfaat Serabut Jeruk Yang Luar Biasa Bagi Kesehatan
Ilustrasi Manfaat Serabut Jeruk | Via pixhere

Wahbanget.com – Orang-orang biasanya sering membuang serabut jeruk yang mungkin kelihatannya agak menggelikan. Tapi disisi lain sebenarnya tersimpan beberapa manfaat dari serabut jeruk yang jarang diketahui oleh kita.

Buah jeruk yang kita kenal biasanya sering kita konsumsi dalam kehidupan sehari-hari baik itu langsung dari pohonnya atau kita membeli ditoko buah-buahan. Bahkan, kita sering menjumpai buah jeruk sebagai makanan pencuci mulut yang kita dapat jumpai diberbagai warteg di wilayah tanah air kita ini.

Buah jeruk memberikan banyak manfaat bagi kesehatan kita khususnya orang yang sedang menderita penyakit sariawan atau kekurangan vitamin C. Rasa asam dan manis yang terkandung dalam buah jeruk pasti akan menyegarkan saat pecah didalam mulut.

Dari beberapa sumber menyebutkan bahwa buah jeruk memiliki kandungan vitamin C yang tinggi dan sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Bahkan, seperti yang saya lihat di salah satu media terbesar tribunstyle.com, bahwa buah jeruk ternyata mempunyai manfaat pada salah satu bagiannya.

Bagian tersebut adalah serabut jeruk. Serabut jeruk sering kita buang saat akan mengonsumsi buah yang segar itu. Padahal serabut jeruk memberikan manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh manusia.

Kandungan Yang Terdapat Dalam Serabut Jeruk


Buah jeruk juga dikenal sebagai buah yang memiliki kandungan antioksidan yang berfungsi untuk pencegahan penyakit kanker. Kandungan lainnya  yang sangat penting yang terdapat dalam serabut jeruk yaitu adanya flavonoid.

Baca Juga: 8 Manfaat Dari Buah Jeruk Yang Jarang Kita Ketahui

Flavonoid dapat menangkal efek buruk radikal bebas, tidak hanya itu bahkan flavonoid juga zat yang paling berperan menghambat atau mencegah pertumbuhan sel kanker. Hal tersebut dikarenakan adanya suatu senyawa dalam flavonoid yang bernama Naringenin.

Senyawa naringenin inilah yang berperan memperbaiki kerusakan pada DNA. Kerusakan yang terjadi pada DNA ini memang sangat berisiko jika dibiarkan, kondisi inilah yang awal mula menjadi pemicu tumbuhnya sel kanker secara tidak normal di dalam tubuh seseorang. Oleh sebab itu, kandungan flavonoid dinilai sangat penting untuk kesehatan tubuh.

Selain berguna sebagai pencegah kanker efektif, flavonoid ini juga bermanfaat membakar lemak yang tertimbun dalam tubuh. Pendapat tersebut berhasil dibuktikan melalui percobaan terhadap tikus yang mengalami obesitas, kemudian diberikan asupan naringenin. Hasil kahir yang diperoleh adalah berat badan tikus-tikus tersebut yang kemudian menurun dengan cepat.

Manfaat lain dari naringenin yang juga tidak boleh dilewatkan adalah kemampuan zat yang satu ini untuk mengendalikan kadar gula dalam darah serta berhasil mengendalikan kadar trigliserida agar tetap pada kondisi stabil.

Demikianlah artikel kali ini, semoga dapat memberikan manfaat yang luar biasa bagi yang sering mengonsumsi buah jeruk dan ingat jangan lupa untuk tidak membuang serabut jeruknya karena itu memberikan efek yang sangat bermanfaat bagi kesehatan.