Penyebab Kegemukan Akibat Makan Malam
Fat Causes | via pixabay

Wahbanget – Halo selamat pagi guys kali ini Saya akan membagikan artikel tentang kesehatan lagi. Topic kali ini saya akan membahas tentang berat badan. Siapa yang menginginkan punya bentuk tubuh yang ideal yang tentunya pasti semua orang menginginkannya. Topic yang akan saya bahas disini tentunya akan sangat berkaitan dengan penyebab kegemukan karena makan diatas jam 7 malam.

Berat badan memang identik dengan seseorang yang terlalu sering makan. Tetapi, hal itu tidak semuanya benar, banyak orang lain yang bertanya-tanya kenapa berat badan saya kok gendut ya padahal saya itu gak terlalu banyak makan dan anehnya lagi orang yang berpuasa juga bisa mengalami kelebihan berat badan.

Kok Bisa Ya??

Mungkin ini dipengaruhi oleh pola makan kita yang tentunya tidak teratur. Berat badan yang menigkat bisa jadi dipengaruhi oleh beberapa faktor. Fakto yang utama yang akan saya bahas di postingan ini yaitu karena Anda suka makan diatas jam 7 malam. Ya kan hayoo ngagku!!! 😀

Baca Juga : Awas!! Bagi Yang Suka Begadang Mempunyai Resiko Terkena Penyakit Ini!!

Padahal waktu tersebut sangat dilarang bagi para peserta diet :d. Tetapi, bukan dari hal itu saja sebenarnya penyebab kegemukan, ada faktor lain yyang mempengaruhi seseorang jadi terlihat gemuk dan kelebihan berat badan. Dimulai dari faktor genetik, hormontal, pengaturan pola makan, aktivitas fisik, pola tidur, kebiasaan sehari-hari, dan beberapa faktor-faktor yang lainnya.


Secara medis, terjadinya kegemukan dijelaskan dalam sebuah teori keseimbangan energi. Kegemukan terjadi jika energi yang masuk ke dalam tubuh melebihi energi yang keluar.

Menurut klikdokter.com, Rabu (23/8/2017), tubuh mendapatkan energi dari asupan makanan yang Anda konsumsi. Sedangkan energi dikeluarkan untuk menjalankan fungsinya seperti metabolisme, bergerak, berpikir, dan lainnya.

Lalu mengapa banyak rumor yang mengatakan bahwa makan diatas jam 7 malam akan menyebabkan kegemukan? Nah, teori makan diatas jam 7 malam ini biasa berkaitan dengan perilaku hidup seseorang.

Aturan tidak makan di atas jam 7 malam, tidak akan membawa pengaruh apapun jika Anda tetap makan di waktu lain dengan jumlah total asupan kalori yang sama banyaknya. Anda tetap tak akan bisa menghindar dari kegemukan.

Jadi sebenarnya, makan di atas jam 7 malam bukan sebuah masalah. Dengan catatan, total asupan makanan yang dikonsumsi secara keseluruhan sesuai dengan jumlah kebutuhan energi tubuh.