Apa Itu Revolusi Industri 4.0 Serta Sejarah Perkembangannya!
Apa Itu Revolusi Industri 4.0 Serta Sejarah Perkembangannya! | Via Pixabay
Belanja Produk Fashion di Threesecond Gratis Ongkir Wah Banget

Wahbanget.com – Saat ini, di duinia banyak di perbincangkan tentang Revolusi Industri generasi ke-empat atau bisa disebut Revolusi Industri 4.0. Revolusi generasi ke-4 ini ditandai dengan kemunculan superkomputer, Smart Robot(Robot Pintar), Automation Transport atau kendaraan tanpa pengemudi, beberapa rekayasa genetika serta perkembangan neuroteknologi yang dapat memungkinkan manusia untuk lebih mengoptimalkan fungsi dari otaknya. Hal inilah yang pernah disampaikan oleh Klaus Schwab Founder dan Executive Chairman of the World Economic Forum dalam bukunya The Fourth Industrial Revolution.

Apakah Revolusi 4.0 itu?

Banyak yang bertanya-tanya apa itu revolusi industri 4.0 itu? Untuk itu simak pengertiannya dibawah ini.

Menurut Wikipedia.orgRevolusi Industri 4.0 adalah nama tren otomasi dan pertukaran data terkini dalam teknologi pabrik. Istilah ini mencakup sistem siber-fisik, internet untuk segala (IOT), komputasi awan (Cloud Computing), dan komputasi kognitif.”

dari pengertian revolusi industri 4.0 di atas kita bisa tarik kesimpulan bahwa sebenarnya era revolusi industri 4.0 adalah perubhan teknologi yang digunakan di industri, jadi sekarang ini banyak memanfaatkan jaringan internet dan kecerdasan buatan, serta cloud computing.

Baca Juga: 8 Bidang Industri Yang Tergeser Dunia Digital Saat Ini

Sejarah Revolusi Industri

Aplikasi Tunai Kita Untuk Kemudahan Dalam Peminjaman Jangka Panjang

Zaman sekarang ini perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) telah banyak membuat dunia mengalami perubahan sebagaimana revolusi industri dari generasi pertama yang melahirkan sejarah ketika tenaga manusia dan hewan digantikan oleh kemunculan mesin.

Revolusi Industri 1.0

Salah satu penyebab revolusi industri 1.0 itu adalah kemunculan mesin uap pada abad ke-18 yang di populerkan oleh James Watt. Pada revolusi ini banyak dicatat oleh sejarah yang berhasil meningkatkan perekonomian secara dramatis dimana selama dua abad setelah Revolusi Industri terjadi peningkatan rata-rata pendapatan perkapita Negara-negara di dunia menjadi enam kali lipat.

Revolusi Industri 2.0

Selanjutnya, yaitu revolusi industri generasi kedua yang ditandai dengan kemunculan pembangkit tenaga listrik dan motor pembakaran dalam(combustion chamber). Dari penemuan ini pun memicu kemunculan pesawat telepon, mobil, pesawat terbang, dll yang dapat mengubah wajah dunia secara signifikan.

Tiket Termurah Hanya di Tokopedia Yang Harganya Wah Banget!
loading...