Mengenal Hukum Dan Prinsip Utama Dalam Pembiayaan Syariah Wahbanget
Deal Process Syariah | via Pixabay
Belanja Produk Fashion di Threesecond Gratis Ongkir Wah Banget

Pada dasarnya entah itu lembaga keuangan konvensional maupun syariah sama-sama tawarkan produk keuangan yang menarik bagi masyarakat, diantaranya adalah simpanan dan juga pinjaman, hanya saja yang membedakan disini adalah dari segi dasar hukumnya sendiri. Dimana untuk bank syariah ini sendiri memang menggunakan dasar hukum ekonomi Islam sehingga ada jaminan halal untuk setiap produk yang ditawarkannya. Termasuk dalam sistem kredit syariah sendiri.

Umumnya dalam prinsip pembiayaan syariah sendiri ada 3 prinsip yang digunakan, sangat berbeda dengan bank konvensional, diantaranya adalah:

Inilah Hukum dan Prinsip Utama dalam Pembiayaan Syariah

  1. Prinsip jual beli, prinsipnya digunakan dengan adanya pemindahan kepemilikan barang. Jenis transaksinya sendiri juga terbagi lagi atas 3, yaitu berdasarkan bentuk waktu, seperti murabahah, salam dan juga istirahat.
  2. Prinsip sewa, khusus untuk prinsip yang satu ini didasarkan pada pemindahan hak guna dari satu orang ke orang yang lainnya, tanpa melalui ke pemindahan atas kepemilikan dari barang tersebut.
  3. Prinsip bagi hasil sementara yang ketiga adalah prinsip bagi hasil yang terdiri dari 2 jenis, yaitu musyarakah, kerjasama antara 2 orang atau lebih untuk meningkatkan aset mereka, seluruh pihak nantinya akan berkontribusi di dalam meningkatkan aset mereka, mudharabah, yaitu kerjasama antara 2 orang atau lebih, namun seorang diantaranya adalah pemilik modal, sedangkan yang lainnya nantilah yang bertugas di dalam mengelola modal tersebut.
Baca Juga: 3 Jenis Investasi Yang Cocok Bagi Pemula

Karena memang dari segi dasar hukum dan juga prinsip kerjanya sendiri semuanya didasarkan pada hukum ekonomi Islam maka Anda tidak perlu khawatir akan jaminan kehalalannya. Untuk itu dapat dijadikan sebagai pilihan terbaik bagi para muslim.

Bagi Anda yang tengah mencari bank untuk kebutuhan tabungan berencana, seperti dipakai mempersiapkan dana atau uang haji, maka ini juga bisa jadi alternatif terbaiknya. Pilihlah yang sudah terpercaya seperti dari Bank Syariah Bukopin, memiliki banyak sekali cabang yang nantinya memungkinkan kemudahan di dalam setiap transaksinya bagi Anda. Ketahui cara daftar haji 2019 sebagai persiapan Anda, mulailah menabung dari sekarang, agar kelak impian tersebut bisa tercapai dengan mudah.

Demikianlah artikel tentang Hukum dan Prinsip Utama dalam Pembiayaan Syariah, semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda semua yang sedang mencari informasi mengenai tempat kursus bahasa inggris untuk karyawan. Artikel ini merupakan kategori review. Jadi, jika ada kata yang kurang cocok atau kesalahan dalam penulisan artikel ini bukan merupakan tanggung jawab kami. Terima kasih 🙂

Pilih kartu kredit hanyak di Citibank
loading...