33 Jenis Lomba Agustus-an Paling Populer, Unik, Dan Menarik Se-Indonesia
Ilustrasi Lomba Agustus-an | wahbanget.com

Wahbanget – Tak terasa bulann agustus sudah menghampiri kita lagi. Ya, tentunya kita harus mempersiapkan acara untuk menyambut hari kemerdekaan Republik Indonesia Ini. Banyak sekali acara yang dapat kita lakukkan untuk menyambut hari kemerdekaan ini. Ya tentunya tiap suku atau adat di Indonesia pasti berbeda melakukkan acara penyambutan untuk memeriahkan 17 agustus ini. Salah satu acara untuk memeriahkan acara agustusan ini adalah dengan mengadakan beberapa lomba agustus yang menarik, unik, dan menghibur masyarakat.

Kita berkaca-kaca dulu ke zaman penajajahan di Indonesia. Tak sedikit rakyat kita yang mati hanya demi memperjuangkan tanah air ini. Bila kita sadar akan hal itu maka kita harus mengenang para jasa pahlawan yang sudah lebih dulu gugur dalam membela bangsa ini.

Jadi, seperti biasanya, rakyat Indonesia akan memeriahkan hari kemerdekaan ini dengan hiburan ataupun perlombaan yang bisa diikui oleh hampir segala usia. Baik itu anak-anak maupun orang dewasa.

Kategori lomba biasanya akan dibagi-bagi sesuai umur dan jenis kelamin. Yaitu lomba untuk ibu-ibu, lomba untuk bapak-bapak, lomba untuk anak-anak dan lomba untuk balita. Bahkan ada juga daerah yang tidak membedakan berdasarkan karegori. Jadi, semua orang boleh ikut. Kategori inilah yang cuman diambil serunya aja seperti gelak tawa yang selalu menghiasi acara lomba Agustusan.

Disini Wahbanget.com akan berbagi 33 lomba yang bisa dilakukkan untuk memeriahkan acara lomba Agustusan. Ya sebenarnya kategori lomba yang saya bagikan disini bukan hanya untuk memeriahkan acara 17 an aja. Tetapi, bisa juga ide lomba ini kalian gunakan untuk acara lainnya seperti kumpulan keluarga, reunian, ataupun acara yang didalam eventnya memerlukkan lomba khusus agar para pesertanya tidak jenuh dan bosan.


Berbagai macam ide lomba yang saya posting disini itu benar-benar dilakukkan di negara kita tercinta yaitu Indonesia. Namun, daerah yang memeriahkannya tidak saya sebutkan satu persatu. Karena, setiap daerah di Indonesia juga memiliki keunikkan budaya dan adat istiadat yang berbeda-beda dengan yang lainnya.

Tanpa perlu basa basi lagi, ayo kita simak daftar lengkap beberapa ide lomba untuk memeriahkan acara lomba Agustus-an di daerah mu. So, simak yang baik ya agar kalian tidak salah menentukkan aturan untuk masing-masing lombanya.

Berikut Daftar Lomba Agustus-an Yang Paling Populer, Unik, Lucu, Dan menarik tentunya, Yo Silahkan Simak Daftarnya:

Baca Juga: 5 Fashion Yang Sedang Trend Di Tahun 2017

1. Lomba Makan Kerupuk

33 jenis lomba agustus Lomba makan kerupuk
Lomba Makan Kerupuk | sumber: www.k-game.net

Sebenarnya lomba ini sudah tidak asing lagi kedengarannya. Karena, lomba makan kerupuk suka dilakukkan setiap tahunnya untuk memeriahkan acara 17 agustusan diberbagai daerah di Indonesia. Lomba makan kerupuk merupakan lomba yang wajib ada dalam setiap gelaran lomba 17 agustus. Sehingga lomba ini termasuk jenis lomba Agustus-an yang di nomor satukan oleh penulis.

Lomba makan kerupuk dilakukkan hampir di setiap daerah di Indonesia. Lomba ini hanya mengandalkan kerupuk dan tali yang digantungkan di atas seutas tali seperti tempat penjemuran pakaian.

Malah lebih uniknya lagi katanya dibeberapa daerah Indonesia, Lomba makan kerupuk ini dijadikan lomba untuk mengenyangkan perut dengan menambahkan nasi dan lauknya. Selain itu, agar terlihat modern, dibeberapa wilayah di Jawa Timur justru menambahkan dengan sambal tabur diatas kerupuknya. Heem kreatif sekali bukan?

2. Lomba Balap Karung

33 jenis lomba agustus Balap karung
Balap Karung

Selain lomba makan kerupuk, lomba balap karung juga masih aksis sampai seakrang. Lomba balap karung tak hanya digunakan dalam acara lomba Agustus-an. Tetapi, lomba ini suka digunakan dalam acara kepramukaan ataupun organisasi yang lainnya. Dikarenakan, lomba ini membutuhkan sedikit sekali biaya operasional ataupun bahannya yang mudah didapatkan. Namun sekarang ini banyak orang yang menyebutkan balap karung “Modern” dikarenakan penggunaan bahannya yang bersifat modern.

Perbedaan antara balap karung yang sekarang dengan jaman dulu adalah, pada beberapa tahun belakangan lomba balap karung menggunakan karung goni, sedangkan pada saat ini kebanyakan panitia menggunakan karung plastik (glangsi) untuk lomba favorit ini.

3. Lomba Memasukkan Belut Kedalam Botol

jenis lomba agustus memasukkan belut kedalam botol
Memasukkan Belut Kedalam Botol | via Kaskus

Kalau orang yang mempunyai phobia terhadap belut pasti bakal jijik dan takut untuk mengikuti jenis lomba Agustus-an ini. Tetapi, bagi kalian yang hobinya “ngurek” atau bahasa indonesianya Mencari Belut Di Sawah bakalan ikut memeriahkan acara kemerdekaan Indonesia dengan mengikuti lomba ini dengan senang hati.

Memasukkan belut kedalam botol susah-susah gampang. Memang memerlukan trik khusus agar mudah untuk memasukkan belut tersebut kedalam botol agar mendapatkan hadiah. Triknya cukup sederhana, gunakan kuku untuk memegang kepala belut. Cara meminkan lomba ini yaitu sobat harus memasukkan belut kedalam botol dengan sebanyak-banyaknya yang diambil dari baskom berisi banyak belut. Nah, susahnya ketika kita mau mengambil belut dari baskom tersebut. Karena, di baskom tersebut belut-belut masih memiliki lendir yang licin dan masih aktif bergerak.

4. Lomba Panjat Pinang

33 jenis lomba agustus panjat pinang
Lomba Panjat Pinang

Lomba yang satu ini memang paling populer di Indonesia. Bahkan, lomba panjat pinang sudah dijadikan icon permainan lomba dari negara Indonesia. Lebih uniknya lagi Panjat Pinang sudah tersedia dalam bentuk game lho. Banyak developer game yang menjadikan panjat pinang sebagai ide bahan untuk membuat game.

Tak hanya dalam game, panjat pinang juga populer di dunia meme indonesia. Salah satu guyonannya yaitu:

Jangan Dipanjat dulu lalu Dipinang, Yang lebih baik Dipinang dulu baru dipanjat. Hee :v

Panjat Pinang disebut-sebut sebagai jenis lomba Agustus-an yang paling sulit karena harus mempnyai ekstra tenaga dalam memenangkan hadiahnya. Namun, yang lebih baiknya dari lomba ini adalah Kita diajarkan untuk Saling Gotong Royong atau Kerja Sama dalam mencapai tujuannya yaitu memenangkan hadiahnya.

Mengapa lomba panjat pinang dikatakan paling sulit?? Karena hal ini cukup wajar, mengingat setiap pinang (pohon jambe) yang digunakan telah dilumuri dengan oli atau minyak goreng. Selain itu tingkat ketinggian pohon juga mempengaruhi sulitnya mendapatkan hadiah diperlombaan ini.

5. Lomba Memindahkan Kelereng Pakai Sendok

Lomba Memindahkan Kelereng
Lomba memindahkan kelereng | Via kaskus

Lomba memindahkan kelereng pakai sendok juga merupakan lomba yang umum atau sering dilakukkan disetiap wilayah di Indonesia. Bahkan lomba ini juga sering dilakukkan si acara-acara yang lainnya tak cuma acara lomba Agustus-an aja.

Dibutuhkan kesabaran ekstra untuk memenangkan lomba ini karena tingkat kesulitan terdapat pada menyeimbangkan posisi kelereng agar tidak jatuh dari sendok. Bagaimana trik memenangkan lomba kelereng ini? Silahkan gigit sendok di pinggir mulut kalian!

6. Lomba Menangkap Ikan Dengan Tangan (Gubyag)

33 jenis lomba agustus lomba menangkap ikan dengan tangan gubyag
Lomba Menangkap Ikan Dengan Tangan a.k.a Gubyag | sumber: www.thepicta.com

Di daerah saya yaitu Ciamis perlombaan ini sering dilakukkan. Karena perlombaan Gubyag hanya mencari huburannya saja dengan berseru-seruan di dalam kolam yang diisi dengan ikan. Padahal kalau menurut saya sih ikannya tidak banyak-banyak amat. Namun, yang saya cari bukan ikannya tapi keseruannya. Jadi, jenis lomba Agustus-an ini yang saya mintai waktu dulu karena suka main air. wkwkwk 😀

Disaya perlombaan ini dinamakan Gubyag gak tau deh kalau di daerah kalian karena saya juga jarang wisata ke berbagai daerah di Indonesia. Pokoknya kalau kalian ikut lomba ini dijamin pasti kalian akan mendapatkan keseruannya dibanding dengan ikan yang didapatkan.

7. Lomba Memasukkan Paku Kedalam Botol

Lomba Memasukkan Pensil
Lomba Memasukkan Paku/Pensil | Via Kaskus

Lomba ini sebenarnya masuk kedalam jenis kategori lomba Agustus-an untuk anak-anak. Tetapi, tidak menutup kemungkinan orang dewasa pun selalu ikut-ikutan untuk mengikuti lomba ini dengan maksud untuk memeriahkan acara hari kemerdekaan Indonesia.

Butuh kesabaran ekstra untuk mengikuti lomba memasukkan paku kedalam botol, hal ini dikarenakan posisi memasukkannya cukup sulit dengan melalui benang yang digantung dibelakang perut peserta. Ada yang lebih uniknya lagi, yaitu pada beberapa daerah Di Indonesia media yang digunakan untuk perlombaan ini diganti dengan alat lainnya seperti paku diganti dengan pensil, bolpoin ataupun bambu.

Selanjutnya Di Page 2>>