James Wong Howe, Master Sinematografi Yang Dirayakan Google Doodle
James Wong Howe Picture | Via Google

Perlu diketahui bahwa google doodle selalu merayakan beberapa tokoh terkenal dalam mesin telusurnya. Baru-baru ini tokoh sinematografi asal tiongkok yang dirayakan oleh google kelahirannya. Namanya adalah James Wong Howe yang jarang kita ketahui.

Perlu Kita Ketahui bawha sinematografi atau cinematography merupakan suatu ilmu perfilman yang banyak digunakan di era film zaman sekarang. Bahkan, para youtuber sekalipun banyak yang menggunakan teknik sinematografi dalam pembuatan videonya.

Menurut Wikipedia Sinematografi (dari bahasa Yunani: ‘kinema – κίνημα’ “gerakan” dan graphein – γράφειν “merekam”) adalah ilmu terapan yang membahas tentang teknik menangkap gambar dan sekaligus menggabung-gabungkan gambar tersebut sehingga menjadi rangkaian gambar yang memililki kemampuan menyampaikan ide dan cerita.

Siapa Sih Sebenarnya James Wong Howe??

Menurut informasi yang saya dapatkan dari wikipedia bahwa James Wong Howe merupakan seorang sinematografer Tionghoa Amerika yang sudah berkarya lebih dari 130 film. Ia dilahirkan di Taishan, tanggal 28 Agustus 1899 dan meninggal di Hollywood pada 12 Juli 1976 pada umur 76 tahun.

Beliau juga merupakan seorang master dalam penggunaan bayangan dan merupakan salah satu orang pertama yang memakai sinematografi fokus mendalam, dimana pesawat-pesawat dekat dan jauh masih bisa difokuskan.


Menurut Wikipedia, Pada 1930an dan 1940an, Howe menjadi salah satu sinematografer terdepan di Hollywood. Ia dinominasikan untuk sepuluh Academy Awards untuk sinematografi, memenangkan dua untuk The Rose Tattoo (1955) dan Hud (1963). Howe dianggap menjadi salah satu dari sepuluh sinematografer paling berpengaruh dalam sebuah survei para anggota International Cinematographers Guild.

Jadi, pantas google mengabadikan momen ulang tahunnya di google doodle karena beliau adalah orang yang paling berjasa dalam industri perfilman dunia.

Baca Juga: Cara Mengatasi Kurangnya Rasa Percaya Diri

Kehidupan Pribadi James Wong Howe

Siapa sangka orang yang master dibidangnya pun selalu dapat ujian dari yang Maha Kuasa bahkan kejayaan profesionalnyapun di bidang film justru tidak sebanding dengan pengalaman dari hidupnya. James Wong Howe pernah menghadapi diskriminasi rasial dalam kehidupan pribadinya. Beliau menjadi warga negara AS hanya setelah pencabutan Undang-undang Pengecualian Tiongkok (Chinese Exclusion Act). Bahkan perkawinannya tidak diakui secara hukum di AS sampai 1948 karena keluarnya undang-undang perkawinan antara suku atau bangsa (anti-miscegenation law).

Tetapi, dibalik kekurangan tersebut beliau punya kelebihan atau kehebatan yang luar biasa, James Wong Howe sangat berjaya di Hollywood. Ia menjadi nominasi untuk 10 Academy Awards untuk kategori sinematografi terbaik. Dari semua nominasi itu, ia memenangi dua Oscar utnuk film “The Rose Tattoo” (1955) dan “Hud” (1963). Ia kemudian dikenal sebagai seorang sinematografer paling terkenal di masanya.[SM]

Untuk yang mau melihat 10 karya fenomenal James Wong Howe Silahkan Anda mengunjungi Link Ini.

Demikian artikel kali ini, semoga artikel ini dapat menambah motivasi dan inspirasi para pembaca setia web ini. Terima kasih sudah menyempatkan waktu untuk membacanya.