Cara Mengetahui Tumbuh Kembang Janin Yang Sehat Wahbangetcom
Ilustrasi Ibu Hamil Dan Janin Yang Sehar | Source abcnews.go.com
Belanja Produk Fashion di Threesecond Gratis Ongkir Wah Banget

Wahbanget.com – Saat masa kehamilan dari trimester pertama hingga trimester ketiga merupakan hal yang perlu Anda perhatikan, mulai dari pemeriksaan secara rutin, pola hidup sehat,hingga mengetahui Tumbuh Kembang Janin Sehat dari awal kehamilan hingga akhir kehamilan nanti. Memiliki janin yangsehat merupakan salah satu hal yang harus Anda perhatikan, banyak janin lahir cacat akibat gaya hidup tidak sehat dan kurangnya asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh janin selama masa kehamilan.

Oleh karena itu, Anda harus tetap menjaga kehamilan dari awal hingga melahirkan. Berikut ini perlu Anda ketahui perkembangan janin dari minggu pertama hingga memasuki kelahiran.

Masa Perkembangan Janin

  • Minggu pertama hingga minggu ketiga,  setelah proses pembuahan, terbentuknya jaringan terdiri dari 100 sel yang nantinya berkembang menjadi janin, embrio yang banyaknya kurang lebih 150 sel akan membentuk tiga lapisan, yaitu ektoderm, endoderm, mesoderm yang akan menjadi bagian tubuh bayi, seperti tulang, otot, jantung, sistem reproduksi, sistem pencernaan dan juga sistem saraf. Memasuki kehamilan minggu ketiga, organ tubuh mulai membentuk, seperti otak, kelenjar tiroid, tulang belakang, pembuluh darah dan jantung. Ukurannya masih sangat kecil, yaitu 1,5 mm.
  • Masuk usia kehamilan minggu ke 4 hingga ke 6,jantung sudah mulai terbentuk dan berfungsi, pembuluh darah sudah bisa mengalirkan darahnya, mulai membentuk kaki dan tangan, pada usia 4 minggu ukurannya 5 mm. Di usia 5 minggu tangan bayi mulai tumbuh, namun masih belum sempurna, struktur otak, saraf sudah terbentuk, ukurannya sebesar 7 mm diminggu ke 5. Kehamilan 6 minggu, embrio sebesar kacang polong yaitu 12 mm, kaki mulai tumbuh dan belum sempurna, pada masa ini mata dan telinga sedang dikembangkan.
  • Usia kehamilan 7 hingga 9 minggu, di usia 9 minggu ini embrio berukuran 19 mm, tahap ini juga paru-paru dibentuk, otot,saraf mulai berfungsi dengan baik. Di usia 9 minggu, muka janin sudah mulai jelas terbentuk, mata lebih besar dan juga berwarna, ukuran janin sebesar jeruk limo yaitu 5,5 cm. Kehamilan usia 10 minggu, jantung berdetak 180 kaliper menit, sel tulang pun sudah mulai terbentuk.

Selanjutnya Hamil Pada Trimester Kedua dan seterusnya janin akan terus tumbuh dan berkembang dengan baik jika ibu menjaga pola hidup sehat, rutin memeriksakan diri ke dokter, dan mengatur pola makan sesuai masa kehamilan.

Demikian artikel tentang Cara Mengetahui Tumbuh Kembang Janin Yang Sehat, semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk Anda para pembaca artikel ini. Cek juga info kesehatan seputar kehamilan dan lainnya di GueSehat.

Pilih kartu kredit hanyak di Citibank
loading...