Sedari kecil kita sebagai manusia sudah selayaknya mendapat bimbingan dan banyak pelajaran dari orang-orang terdekat kita. Baik dari orang tua, kakek, nenek, paman, bibi, ataupun yang lainnya. Namun saat beranjak dewasa terkadang kita bingung. Kemana arah tujuan hidup kita? sudahkah benar kita memilihnya? dalam hal ini orang tua memang berperan penting, tetapi ada satu hal yang perlu diingat bahwa seorang anak bukanlah orang tua dalam bentuk kecil. Merekapun mempunyai kepribadiannya masing-masing. Jadi setiap orang tua tidak bisa memaksakan seorang anaknya jika memang anak tersebut merasa tidak cocok dengan apa yang dipilihkan orang tuanya.

Nah, untuk kali ini saya akan coba membahas sebuah hal mengenai “Cara Mengenal Kekuatan/Potensi Diri Kita Sendiri”. ini sangat bermanfaat sekali untuk menentukan kemana arah tujuan hidup kita, dimana seharusnya kita mengeyam pendidikan, dan bidang pekerjaan apa yang akan kita tekuni di masa yang akan datang.

Ada sebuah anggapan diluar faktor genetik bahwa ketika seorang anak dirawat oleh orang tuanya sejak kecil, maka ia akan cenderung mewarisi sedikitnya sifat dari orang tua tersebut. karena secara tidak langsung hanya dengan melihat saja, seorang anak yang masih kecil ia akan mempelajari dengan sendirinya hal-hal yang sering dilakukan oleh orang tuanya. Tetapi hal ini tidak berbanding lurus dengan kepribadian seorang anak dan orang tuanya yang sudah pasti tidak akan sama. Maka dari itu penting bagi kita untuk mengetahui dan mengenal kekuatan/potensi yang dimiliki diri kita sendiri.