Wahbanget | 7 Penyakit Mengerikan Akibat Terlalu Sering Begadang ~ Halo sobat wahbanget healthy life. Kali ini saya akan membagikan 7 penyakit yang disebabkan oleh aktivitas begadang yang mana beberapa dari kita hanya mengetahuinya sedikit saja atau bahkan tidak tahu sama sekali.

Setelah sebelumnya saya telah membagikan artikel 5 bahaya yang disebabkan oleh begadang. Sekarang lanjutannya dari artikel itu.

Memang begadang sebenarnya akan berdampak buruk bagi kondisi tubuh kita. Bahkan lebih parah lagi, penyakit yang berat sekali pun bakalan menyerang orang yang terlalu sering begadang.

Baca Juga: 5 Penyebab Begadang Yang Jarang Kita Ketahui

Ok langsung saja kita simak ke tujuh penyakit tersebut secara seksama.

7 Penyakit Akibat Terlalu Sering Begadang

1. Penyakit Jantung dan Stroke

7 Penyakit Mengerikan Akibat Terlalu Sering Begadang
Heart Attack Ilustration

Wah penyakit parah ini bisa serang orang yang terlalu sering begadang. Penyakit ini akan membunuh orang yang bersangkutan secara cepat. Penyakit ini adalah Serangan Jantung.


Kurang tidur malam bisa berpengaruh pada kesehatan jantung. Waktu tidur malam yang kurang dari enam jam dapat menyebabkan peradangan pada arteri yang berakibat resiko penumpukan plak pada yang menyumbat pembuluh darah manusia menjadi meningkat. Hal ini dikarenakan meningkatkan kadar protein C-kreatif (CPR) dalam tubuh.

Selain itu kurang tidur malam juga mengakibatkan gejala apnea, dimana udara yang masuk kedalam paru-paru saat tidur melalui hidung dan mulut sangat sedikit jumlahnya.

2. Diabetes

7 Penyakit Mengerikan Akibat Terlalu Sering Begadang
Diabetes Ilustration

Siapa yang gak kenal dengan penyakit ini. Banyak orang yang menderita penyakit ini merenggut nyawa dengan cepat. Sampai kini diabetes sulit untuk mencari obatnya.

Pola tidur berpengaruh pada kadar gula darah, hormon yang mengontrol nafsu makan, bahkan persepsi otak akan makanan berkalori tinggi. Saat tidur, kadar gula tubuh menurun, karena gula dalam tubuh banyak dipakai oleh hati pada proses detoksifikasi.

Kurang tidur dapat mengurangi kemampuan sel lemak untuk merespon insulin, hormon yang mengatur metabolisme dan berperan besar pada diabetes. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Orfeu Buxton di Boston’s Brigham dan Women’s Hospital menunjukkan bahwa orang yang tidur kurang dari lima jam pada malam hari dapat berisiko terkena diabetes tipe-2.

Ada sebenarnya obat yang bisa menyembuhkan penyakit diabetes yaitu dengan semut Jepang. Memang betul sekali semut Jepang bisa mengatasi diabetes. Semut Jepang bekerja dengan cara mencegah naiknya kadar gula atau glukosa dalam darah dan membantu fungsi insulin yang terdapat dalam tubuh agar bekerja dengan baik

Tapi, mengonsumsi semut jepang banyak yang mengalami efek sampingnya. Salah satunya akan merusak beberapa sel sel dalam tubuh karena disebabkan oleh banyaknya semut jepang yang terkandung didalam tubuh.

3. Penyebab Kanker

7 Penyakit Mengerikan Akibat Terlalu Sering Begadang
Cancer Ilustration

Kurang tidur dapat mempengaruhi produksi hormon melatonin yaitu hormon yang mempunyai pengatur utama dari seluruh hormon yang berfungsi mengatur dan memelihara irama sirkadian (sistem jam biologis tubuh yang memegang peranan penting dalam mengatur saat untuk tidur dan bangun). Kadar melatonin secara berangsur-angsur meningkat dan mencapai puncaknya tepat pada waktu tengah malam dan kemudian berangsur-angsur menurun hingga 2/3 malam.

Baca Juga: Penyebab Kanker Hati Dan Hubungannya Dengan Begadang

Hormon ini membantu tubuh memerangi sel-sel kanker seperti pada kanker payudara, kanker prostate, penyakit Parkinson, dan jantung aritmia. Melatonin berperan mendorong aktifitas antioksidan secara optimal di dalam tubuh sehingga mencegah kerusakan DNA akibat ulah zat-zat karsinogenik penyebab kanker dan memberhentikan mekanisme pertumbuhannya.