7 Mata Uang Yang Nilai Tukarnya Melemah Terhadap Dolar Amerika Serikat
Ilustrasi Dolar Amerika Serikat | Wahbanget.com
Belanja Produk Fashion di Threesecond Gratis Ongkir Wah Banget

Wahbanget.com – Setiap negara pasti memiliki mata uang sebagai alat pembayaran yang sah. Namun, nilai mata uang setiap negara juga pasti bervariasi ataupun berbeda-beda dikarenakan oleh tingkat perekonomian negara yang bersangkutan.

Mata uang yang digunakan sebagai patokan tolak ukur untuk menentukan nilainya besar ataupun kecil yaitu USD (United States Dollars) Atau Dolar Amerika.

Kenapa Dolar Amerika Serikat Dijadikan Patokan Mata Uang Global?

Dolar amerika dijadikan patokan uang global dikarenakan negara ini mempunyai kekuatan dalam sektor ekonomi. Bisa kita lihat di dunia ini, banyak sekali perusahaan-perusahaan terkenal yang berasal dari Amerika Serikat.

Dolar pun terus menguat. Sehingga Rupiah pun gak kuasa melawannya hingga akhirnya melemah atau bisa dikatakan inflasi.

Aplikasi Tunai Kita Untuk Kemudahan Dalam Peminjaman Jangka Panjang

Bukan hanya Rupiah saja yang mengalami inflasi. Tetapi, mata uang negara lain pun ikut menurun di kala dolar sedang bagus-bagusnya. Ini dikarenakan bank sentral Amerika Serikat menaikkan suku bunga acuan.

Rupiah yang awalnya bertahan disekitar Rp.12 Ribuan sekarang naik ke angka Rp.14 Ribuan akhir-akhir ini. Bahkan pernah menembus Rp.15 Ribu.

Namun, ternyata ini bukan terjadi pada Rupiah saja melainkan mata uang negara lain ikut juga merasakan dampaknya, Lalu negara mana saja yang melemah terhadap dolar Ameriika Serikat akhir-akhir ini?

6 Mata Uang Yang Nilai Tukarnya Menurun Terhadap Dolar

1. Rial Iran (IRR)

Mata uang dari negara Iran menjadi yang paling rendah di dunia. Hal ini disebabkan oleh sanksi politik dan ekonomi yang diberlakuka terhadap negara ini secara langsung memberikan pengaruh yang negatif terhadap perekonomian dalam negeri, termasuk Rial Iran.

Baca Juga : 6 Negara Terkaya Di Dunia Yang Mempunyai Gaji Yang Wah Banget!!

Bisa dilihat saat ini nilai tukar Rial Iran mencapai 43 Ribuan Rial Iran per satu Dolar Amerika Serikatnya. Sementara terhadap rupiah, nilai tukarnya yaitu 3 Rial Iran per satu rupiah.

2. Dong Vietnam (VND)

Tekanan dari mata uang dolar juga terjadi di negara Vietnam. Di negara ini 1 USD dihargai 23 ribu dong Vietnam. Selain karena efek menguatnya dolar, Dong Viet juga sengaja diturunkan.

Pilih kartu kredit hanyak di Citibank
loading...