7 Kesalahan Fatal Dalam Teknik Memotret Dengan Gadget
7 Kesahalah Fatal Dalam Teknik Memotret Dengan Gadget | Via pxhere.com
Threesecond Gratis Ongkir Wah Banget

Wahbanget.com – Dunia fotografi sekarang ini banyak diminati oleh hampir semua orang. Karena, selain menggunakan kamera digital, dunia fotografi sekarang bisa memanfaatkan gadget ataupun perangkat kamera lainnya. Dalam dunia fotografi pun suka dikenal beberapa teknik memotret yang baik dan tentunya akan menghasilkan kualitas gambar yang sangat bagus.

Dunia fotografi dengan handphone memang sudah sangat canggih. Sampai-sampai karena begitu canggihnya, banyak orang menganggap pasti hasilnya sangat bagus. Namun, disamping itu semua ternyata yang namanya human error pasti ada disetiap orang. Dari beberapa kesalahan tersebut, terdapat beberapa kesalahan saat mengambil gambar dalam teknik memotret dengan menggunakan gadget.

Semua kesalahan tersebut sebenarnya bisa kita maklumi juga. Karena beberapa kesalahan tersebut disebabkan oleh kita yang kurang memahami prinsip dasar fotografi. Seperti berhubungan dengan nilai-nilai keindahan (seni) ataupun yang lainnya. Malahan bukan saja sesuatu yang rumit, namun hal yang sederhana juga kadang suka membuat kesalahan yang bisa membuat kualitas gambar menjadi memburuk.

Sebenarnya saya juga jarang menggunakan beberapa fitur fotografi yang ada di smartphone seperti pro/advance/analog/manual. Ataupun beberapa pengaturan iso yang lainnya. Namun, saya juga ingin belajar menjadi seorang fotografi dengan mengikuti beberapa komunitas yang berhubungan dengan dunia fotografi. Curhat hee!! 😀

Mari kita simak beberapa Kesalahan Dalam Teknik Memotret dengan Gadget

1. Tidak Peduli Arah dan Komposisi

Instal Pegi-pegi untuk booking hotel WahBanget

Yang sering terjadi, kita hanya memotret dengan pertimbangan “semua terlihat”. Yang jadi masalah adalah kadang obyek foto “kalah” oleh latar belakang, orang terlihat tidak proporsional, potongan foto terlihat aneh atau nanggung, dll. Belum lagi kalau dipotong untuk Instagram ternyata obyek tidak sesuai dengan bingkai tampilan.

Baca Juga: 6 Aplikasi Yang Dapat Merubah Gadget Jadi Kamera DSLR!!

Solusi: Gunakan panduan grid (rule of third, dll), golden ratio, square, yang sering ada di aplikasi kamera. Jangan terlalu dekat, beri ruang untuk cropping.

2. Melawan Arah Cahaya

Nah, ini yang sering dilakukkan oleh Kita (Saya Khusunya) sering memotret objek melawan arah cahaya. Karena kalau Kita memotret objek melawan arah cahaya, objek yang kita foto pun akan terlihat lebih gelap dan kurang maksimal.

Solusi untuk masalah ini adalah Usahakan sumber cahaya harus ada dibelakang Anda dan menyinari objek yang akan di potret.

loading...