Lakukan 6 Hal Ini Sekarang Milenial, Agar Masa Tua Lebih Terjamin
Kerja Cerdas Lebih Utama Daripada Kerja Keras | Via Pixabay
Belanja Produk Fashion di Threesecond Gratis Ongkir Wah Banget

Wahbanget.com – Segalanya terjamin dan bahagia di masa tua memang menjadi harapan dari semua orang khususnya bagi para milenial. Tapi, tidak semua orang paham bagaimana caranya. Semua tentu perlu rencana yang matang dan disiapkan jauh-jauh hari agar masa tua nanti sejahtera.

Banyak orang diluar sana yang belum menyadari akan pentingnya pengetahuan dan perencanaan finansial sejak dini, terutama hal ini yang sering terjadi pada milenial zaman sekarang. Sebagian dari milenial lebih memilih ngopi ataupun nongkrong di kafe-kafe daripada menabung untuk masa tua atau untuk beli rumah.

Sebenarnya besenang-senang boleh-boleh saja, Namun Kita juga harus bisa mengatur porsinya jangan terlalu terlena dengan kesenangan sementara dan kebablasan sampai lupa akan masa depan yang cerah. Namun, akan lebih baik lagi jika bersenang-senang di masa muda dibarengi dengan melakukan 6 hal penting berikut ini.

1. Siapkan Tabungan dan Investasi

Kalau di masa tua nanti hidup kamu ingin lebih terjamun, maka bagi kamu kaum milenial tabungan dan investasi nggak boleh luput untuk dimasukkan dalam anggaran keuanganmu tiap bulannya. Untuk tabungan, agar dapat bunga lebih, kamu bisa coba deposito. Sementara investasi, kamu bisa coba mulai dengan reksa dana yang minim risiko namun hasilnya lumayan. Hanya dengan uang beberapa ratus ribu, kamu sudah bisa mulai investasi reksa dana.

2. Teliti dan Cermat dalam Berutang

Sebelum berutang, pastikan kamu tahu jelas untuk apa kamu berutang. Misalnya, saat ini hp kamu rusak dan kerjaan jadi terhambat, lalu kamu memutuskan untuk kredit hp, agar bisa beli hp baru dalam waktu cepat dan nggak pakai ribet. Pastikan kamu paham betul risiko dari kredit hp online tanpa kartu kredit, jumlah dan lama angsuran, suku bunga, hingga biaya-biaya tambahan lain yang membebani. Jangan pilih tenor utang yang terlalu panjang atau berlarut-larut. Lebih cepat dilunasi, tentu lebih baik sehingga di masa tua tidak lagi ada beban utang.

Baca Juga : 3 Jenis Invesatasi Yang Cocok Bagi Kita Sebagai Pemula

3. Siapkan Dana Pensiun

Selain saldo BPJS Ketenagakerjaan dan pesangon pensiun dari kantor, kamu disarankan untuk menyisihkan beberapa persen dari penghasilan per bulan untuk cari tabungan pensiun dengan keuntungan dan bunga yang lumayan tinggi. Ini bisa jadi alternatif nantinya jika saldo BPJS Ketenagakerjaan atau pesangon dari kantor tidak cukup untuk menjamin hidup di hari tua. Mulailah menabung untuk dana pensiun dari sekarang. Semakin cepat kamu mulai, maka akan semakin besar keuntungan yang bisa kamu dapat saat nanti sudah tidak produktif bekerja lagi.

4. Siapkan Asuransi Kesehatan

Sebagian orang mungkin masih sering mengabaikan asuransi kesehatan. Apalagi kalau dalam kondisi sehat, bayar asuransi kesehatan terkesan buang-buang uang. Padahal, tidak demikian. Asuransi kesehatan juga termasuk salah satu jenis investasi masa depan. Sebab, kamu nggak tahu kapan kamu akan jatuh sakit atau berada dalam kondisi darurat. Dengan menyisihkan uang untuk bayar asuransi kesehatan rutin, kamu para milenial jadi lebih tenang jika suatu saat sakit atau bahkan sampai perlu dirawat. Bayangkan jika tidak punya asuransi, pasti tabunganterkuras habis untuk biaya rumah sakit. Itu pun kalau ada tabungan, bagaimana kalau nggak punya? Pasti lebih repot lagi. Selain BPJS Kesehatan, kamu juga harus memulai mendaftar asuransi kesehatan swasta yang bisa memberikan proteksi hingga hari tua nanti. Pilih tipe asuransi yang benefit dan proteksinya maksimal. Mungkin agak lebih mahal, namun demi kesehatan sendiri, tidak ada salahnya, kan?

5. Membuat Bisnis Sendiri

Bagi kamu yang saat ini berprofesi sebagai karyawan kantoran, nggak ada salahnya untuk menjalankan bisnis sampingan. Apalagi kalau kamu punya keahlian khusus untuk membuat sesuatu misalnya masak makanan, desain atau jahit pakaian, buat desain untuk aksesori, dan lain sebagainya. Siapa tahu hasilnya nanti justru lebih baik daripada gajimu di kantor. Kalau dikelola dengan baik, bisnismu akan jadi sumber penghidupan yang potensial saat masa tua nanti. Kamu bisa menyisihkan sedikit demi sedikit dari penghasilan per bulan untuk modal utama bisnis. Kalau mau jalankan bisnis online dan butuh alat-alat operasional seperti laptop dan smartphone, nggak perlu gunakan modal utama.

6. Sisihkan Dana untuk Beli Rumah Sendiri

Sebagai salah satu kebutuhan primer manusia, rumah menjadi satu hal penting yang tak boleh ketinggalan dipersiapkan untuk masa tua nanti. Tentu jauh lebih baik tinggal di rumah sendiri daripada mengontrak atau bahkan numpang di rumah kerabat. Maka, kamu perlu sisihkan dana untuk beli rumah sendiri dari sekarang. Selain itu, harga jual tanah dan rumah juga termasuk yang pasti naik setiap tahunnya. Nggak perlu tunai, kamu bisa andalkan kredit atau KPR dalam jangka waktu tertentu atau program rumah subsidi dari pemerintah.

Pilih kartu kredit hanyak di Citibank
loading...