5 Tempat Wisata Yogyakarta Yang Rekomendasi Banget
Pakaian Adat Jawa | Via Pixabay
Belanja Produk Fashion di Threesecond Gratis Ongkir Wah Banget

Wahbanget.com – Siapa sii yang gak kenal dengan kota Wisata Yogyakarta?? Kota yang satu ini sering dipadati wisatawan baik itu dari lokal maupun turis mancanegara. Yogyakarta merupakan salah satu kota di Indonesia bahkan menyandang titel istilah Daerah Istimewa karena mempunyai sistem pemerintahan yang berbeda dari kota lainnya di Indonesia, pemerintahnya secara turun temurun dipimpin oleh seorang Sultan.

Daerah Istimewa Yogyakarta mempunyai banyak sekali tempat wisata karena selain sebagai kota biasa, Yogyakarta menjadi pusat kesenian dan budaya Jawa, serta kaya akan adat dan tradisi dari berabad-abad yang lalu.

Di Yogyakarta, suasana kesehariannya lebih santai karena dari warganya sendiri sangat begitu ramah. Jadi, hampir setiap tempat di yogyakarta selalu ramai didatangi orang-orang karena selain ramah warganya, makanannya juga serba enak. Banyak sekali bangunan bersejarah yang terkenal di Yogyakarta seperti candi dan keraton. Untuk itu disini saya akan mengulas 5 Tempat Wisata Rekomendasi yang ada di Daerah Yogyakarta.

5 Tempat Wisata Yogyakarta Yang Rekomendasi Bangett!

1. Malioboro

Malioboro Tempat Wisata Yogyakarta
Malioboro Tempat Wisata Yogyakarta | Via Flickr

Ditempat ini sering dipadati pengunjung baik itu hari biasa apalagi akhir pekan, karena sejak dari zaman kolonial jalan ini memang sudah terkenal sebagai pusat perdagangan di Yogyakarta.

Disini sering terdengar suara gamelan tradisional yang bersahut-sahutan dengan suara pedagang kaki lima yang akan menemani para wisatawan selama berbelanja oleh-olehnya di Malioboro.

Malioboro menjadi tempat wisata di jogja yang sering dikunjungi, karena tempat ini masuk list tempat wisata yogyakarta rekomendasi hampir di semua paketan wisata atau travel.

Banyak sekali berbagai macam perhiasan, kerajinan tangan, serta kaus-kaus yang murah meriah bisa Anda temukan disini. Dipasar Malioboro juga orang-orang sering menjadikan tawar menawar sebagai ciri khas, karena tak jarang Kita dengar ada aja pedagang yang adu cekcok dengan para wisatawan saat terjadi negosiasi harga :v. Bukan hanya tempat berbelanja, di kawasan sepanjang Jalan Malioboro juga banyak ditemukan tempat yang asyik untuk nongkrong dan bersantai.

2. Kaliadem, Gunung Merapi

Kaliadem Tempat Wisata Yogyakarta
Kaliadem Tempat Wisata Yogyakarta | Via Flickr

Berawal dari letusan besar Gununug Merapi pada tahun 2006 dan 2010 yang telah mengubah wajah dari daerah ini dan sekitarnya. Area ini tadinya hanya hamparan hutan pinus yang hijau, kini berubah menjadi tandus.

Sebagai lokasi yang dekat dengan lokasi letusan gunung merapi ini, menjadikan Kaliadem sebagai tempat terbaik untuk melihat apa saja yang tersisa dari erupsi tersebut. Kaliadem sendiri biasanya menjadi tujuan akhir dari perjalan Lava Tour, yang mana itu merupakan sebuah paket perjalanan yang kerap diikuti mereka yang suka petualangan.

Baca Juga: 5 Tempat Wisata Alam Di Ciamis Yang Wah Banget!!

Lava tour sendiri memiliki Highlight diantaranya termasuk dua jurang hasil letusan gunung merapi, serja kunjungan Museum Sisa Hartaku yang akan menampilkan berbagai macam obyek yang rusak akibat lahar dan awan panas, seperti kerangka hewan ternak, sepeda motor, furnitur, serta ada juga beberapa jam dinding yang berhenti berdetak tepat pada saat terjadinya bencana.

3. Jogja Bay Waterpark

Jogja Bay Waterpark Tempat Wisata Yogyakarta
Jogja Bay Waterpark Tempat Wisata Yogyakarta | Via Flickr

Seperti yang banyak dikatakan oleh netizen, bahwa Jogja Bay merupakan waterpark tercanggih dan termegah yang ada di wilayah kota Yogyakarta. Ditempat ini banyak sekali wahana dan fasilitas wisata yang disediakan oleh obyek wisata ini. Untuk para pengunjung sendiri hanya tinggal menikmati saja serta bisa bermain air sepuasnya di area Jogja Bay.

Jogja Bay Waterpark sendiri sering disebut dengan istilah JBW memiliki luas kurang lebih sekitar 11 hektar yang terdiri dari area bermain dan pertunjukan seluas kurang lebih 7 hektar dan area parkir Bus, mobil, motor, serta banyak sekali area penghijauan yang bisa dinikmati dengan luas sekitar 2,7 hektar.

Jogja Bay Waterpark ini diresmikan pada tanggal 20 Desember 2015 oleh Sri Sultan Hamengkubuwono atau Gubernur Jogjakarta pada saat itu.

Walaupun terhitung belum begitu lama beroperasi namun waterpark jogja bay sudah banyak sekali menarik minat para wisatawanbaik lokal, luar kota, maupun manca negara. Karena sebagian tempat di jogja bay ini yang di klaim sebagai tempat permainan air terbesar di Indonesia.

4. Keraton Ratu Boko

Keraton Ratu Boko Tempat Wisata Yogyakarta
Keraton Ratu Boko Tempat Wisata Yogyakarta | Via Flickr

Tempat ini terletak di puncak Bukit Boko yang dulunya ini merupakan tempat tinggal para bangsawan Jawa. Keraton ini memiliki wilayah yang terbilang cukup luas karena terdapat 3 buah candi, ada juga sisa-sisa bangunan pemujaan serta kolam-kolam yang dialiri air alami dan dipercaya memiliki berbagai macam khasiat oleh masyarakat sekitar.

Ketika Kita berjalan ke sana, maka di setiap ujung tangga terdapat gapura yang berdiri kokoh menyambut Anda untuk naik ke tingkat berikutnya.

Dan di bagian paling atas terdapat sebuah balkon yang dimana Anda dapat melihat pemandangan kota Yogyakarta yang memukau sekali dari kejauhan, termasuk juga Candi Prambanan dan Candi Kalasan di arah utara dengan latar belakang Gunung Merapi.

5. Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis Tempat Wisata Yogyakarta
Pantai Parangtritis Tempat Wisata Yogyakarta | Via Flickr

Berkunjung ke Yogyakarta tak lengkap rasanya bila tidak mengunjungi dulu pantai parangtritis. Karena pantai ini sering dikaitkan dengan mitos-mitos yang beredar di masyarakat.

Pantai Parangtritis memiliki jarak kira-kira sekitar 28 Km dari pusat kota Jogjakarta, di pantai memilki deburan ombak yang cukup besar sehingga harus hati-hati ketika kita mau bermain air. Ada juga tebing batu yang menjulang tinggi serta pasir vulkanis hitam kemilau yang terhampar ketika sedang diterpa oleh sinar matahari.

Di pantai ini memiliki daya pikat tersendiri yaitu suara gemuruh ombak dan udara pantainya yang sejuk sekali. Beberapa bukt hijau nan subur menjadi suguhan utama pantai ini yang dapat menambah daya pikatnya.

Anda bisa pergi ke Parangwedang jika suka, tempat ini merupakan sumber air panas di Jogja yang dapat berguna bagi Anda untuk merendam tubuh dan mendapatkan kesegaran.

Selain sumber air panas, ada juga gubug-gubug yang berjejer di pinggir pantai yang dapat Anda gunakan untuk bersantai sebagai penambah pengalaman menarik ketika Anda berwisata di pantai Jogja yang satu ini.

Demkian artikel kali ini tentang 5 Tempat Wisata Rekomendasi di Yogyakarta, mudah-mudahan tulisan ini bisa menjadi referensi bagi Anda yang ingin merayakan liburan sehabis pandemi ini selesai.

loading...