Mungkin sebagian dari kita sudah mengetahui beberapa penyebab yang bisa ditimbulkan akibat keseringan begadang. Memang begadang itu mepunyai alasan karena beberapa faktor. Misalnya faktor kerja lembur, meetup sama teman, sampai hal yang gak jelas pun pasti menjadi salah satu faktor yang menyebabkan kamu keseringan begadang. Penyebab begadang pun sebenarnya berbagai macam ada yang langsung terasa atau ada juga yang berangsur-angsur muncul gejala.

Dizaman sekarang ini yaitu zaman modern, semua perangkat dan teknologi semakin maju. Banyak diantara kita yang sering menopreasikan smartphone pada saat sebelum tidur. Jelas itu akan menyebabkan kita susah tidur dan membuat pikiran kita menjadi tidak rileks akibat gairah yang timbul dari gadgets yang kita mainkan.

Banyak dari kita yang tidak memperhatikan akibat yang dapat ditimbulkan dari keseringan begadang atau bahkan mengabaikannya. Penyebab tersebut dapat mengganggu beberapa sistem yang ada ditubuh kita, seperti kesehatan fisik, efisiensi kerja maupun belajar, stres mental, dan kehidupan sosial dengan lingkungan sekitar. Padalah akibat begadang malam hari secara terus menerus sangat buruk bagi kesehatan. Dapat menimbulkan berbagai masalah penyakit yang mematikan.

Penyebab Begadang Bagi Kesehatan

Sebenarnya kalau penulis rincikan beberapa Akibat yang ditimbulkan akibat keseringan begadang itu sangat banyak sekali. Tapi untuk itu penulis hanya bisa menulis artikel secara singkat tapi yang umumnya saja.

Memang sebenarnya malam itu seharusnya menjadi waktu untuk tubuh kita beristirahat setelah seharian melakukan aktivitas, seperti bekerja, belajar, maupun aktivitas lainnya. Tidur malam idealnya harus dilakukan selama 8 jam, hal itu bertujuan agar sistem kerja tubuh dapat berjalan maksimal pada keesokan harinya.

Kenapa Begadang??

Penyebab begadang bagi kesehatan tubuh manusia
Ilustrasi Begadang Night Girl | via flickr

Mengapa? karena hormon pertumbuhan manusia dan hormon kortek adrenal yang sangat penting untuk menunjang sistem metabolisme tubuh serta perkembangan fungsi otot dihasilkan pada malam hari. Jika seseorang sering begadang sampai larut malam, ini berarti akan mengganggu tubuh kita untuk menghasilkan kedua hormon tersebut, yang nantinya akan berdampak serius bagi kondisi kesehatan kita, diantaranya :

Beberapa Akibat Dari Keseringan Begadang

Baca Juga: Kanker Hati Bisa Disebabkan Karena Terlalu Sering Begadang, Baca Penjelasannya!!

Beberapa penyebab begadang yang saya bagikan ini merupakan ulasan yang saya dapatkan dari web halosehat.

1. Kelelahan dan melemahnya sistem kekebalan tubuh

Nah ini yang paling penting karena, sistem kekebalan tubuh sangat berguna bagi kita. Terutama bagi kita yang hobinya olah raga maka jangan sampai kita terlalu keseringan begadanh agar tubuh kita fresh dan bugar

Dari begadang dapat memicu tubuh dan mental menjadi lelah, hal ini dikarenakan mereka dipaksa bekerja terus menerus tanpa ada jeda waktu untuk beristirahat yang cukup. Dampak dari kelelahan itu bisa berakibat gangguan kesehatan dan daya tahan tubuh kita akan menurun. Dan hal tersebut akan membuat tubuh kita lebih rentan terhadap penyakit maupun berbagai jenis infeksi yang disebabkan oleh virus, seperti flu, demam, infeksi paru-paru, infeksi usus, hepatitis, dan lain sebagainya.

2. Sakit Kepala

Kurang tidur yang terus menerus dapat mengakibatkan rusaknya sel otak sehingga dapat menimbulkan gannguan pada kepala, seperti pusing ataupun sakit kepala. Hal ini dikarenakan otak kurang mendapatkan waktu untuk istirahat