Makanan Indonesia ini dianggap ekstrim oleh turias asing
Ilustrasi Via Pixabay

Indonesia disebut-sebut sebagai negara yang kaya akan budaya dan kulinernya. Sudah bukan rahasia lagi bagi penduduk didunia. Karena, Indonesia sudah terkenal akan keragaman budayanya. Makanan Indonesia sebenarnya hasil racikan dari nenek moyang Indonesia yang dibuat dengan cita rasa yang menggugah selera.

banyak kuliner di Indonesia yang terbilang cukup aneh. Bahkan, kuliner ini dianggap extrem oleh orang luar karena dengan berbagai alasan mulai dari menjijikan, bentuk yang aneh, sampai ada yang bilang gak kuat lihatnya.

Bagi bangsa Indonesia sendiri melihat makanan seperti itu memang sudah terbiasa. Dikarenakan masyarakat Indonesia sudah mengenalnya dari waktu kecil dan sudah sering makan makanan seperti itu.

Dari kelima daftar ini ada makanan favorit saya lho yaitu Semur Jengkol. Memang Jengkol kalau menurut orang luar dianggap menjijikan karena dari aromanya mengeluarkan bau tak sedap. Tapi, kalau menurut saya jengkol ini adalah makanan yang mampu meningkatkan nafsu makan kita.

Saya sudah merangkum ke 5 daftar makanan yang dianggap extrem oleh orang asing. Simak Ulasannya.

1. Kaki Ayam alias Ceker

ceker ayam dianggap extrem oleh orang luar
Ceker Ayam Di Bumbu Kecap | Via Wikipedia

Ceker sebenarnya makanan yang biasa saja bagi orang Indonesia. Ada berbagai macam olahan berbahan dasar ceker, misalnya aja sup ceker, ceker digoreng, keripik, dan lain sebagainya.

Bahkan sebenarnya ada pepatah yang mengatakan “Kalau Terlalu Sering Makan Ceker Ayam Tulisan Kita Akan Jelek” emang ada benernya sih soalnya banyak orang yang bilang misalnya “hiihh tulisan kamu seperti ceker ayam” wkwk . Meski gitu ceker tetap dianggap ekstrim sama orang barat. Mungkin karena di sana, ceker nggak pernah diolah. Biasanya cuma dibuang.

2. Usus

Usus dianggap extrem oleh orang luar
Sate Usus | Via BukuResep

Usus adalah bagian organ dalam mahluk hidup tempat saluran makanan sebelum ke anus. Usus juga kalau di Indonesia suka diolah menjadi makanan yang lumayan lezat.

Biasanya usus dijual dalam bentuk sate yang dijajakan di angkringan. Bagi orang asing, usus adalah bagian ayam yang nggak layak dimakan. Bagian itu dianggap kotor dan nggak sehat buat dimakan.

Maklum aja di Barat, bagian ayam yang diolah biasanya emang cuma bagian dagingnya aja. Beda banget sama di Indonesia. Semua bagian ayam bisa dimasak kecuali kotoran dan bulunya dan semuanya itu nagih banget. Di sunda juga ada yang namanya piritan itu isinya jeroan ayam atau ikan yang masih layak dikonsumsi.

3. Rambutan

Makanan dianggap extrem oleh orang luar
Rambutan yang masak | Via Parade

Nah, kalau yang satu ini ane juga keliru kenapa orang asing menganggap rambutan sebagai makanan yang ekstrem. Padahal, buah ini lumayan enak apalagi kalau makan langsung di pohonnya .. Euhh mantappp!!

Baca Juga: 5 Trend Fashion Yang Sedang Populer Ditahun 2017

Mungkin mereka beranggapan buah manis ini punya bentuk yang aneh. Bahkan, mereka sering nggak percaya kalo itu adalah buah yang enak dan layak makan.

4. Bekicot

Makanan dianggap extrem oleh orang luar
Sate Bekicot | Via Net

Sebenarnya nggak semua orang di Indonesia doyan makanan ini sih tapi banyak juga yang suka. Jadi, maklum sih kalo bule menyangsikan kenikmatan makanan lezat ini. Mungkin mereka nggak tega karena ngebayingin lendir yang nempel di bekicot kali yak.

5. Jengkol

Makanan dianggap extrem oleh orang luar
Semur Jengkol Balado | Via PerutGendut

Sebenarnya makanan satu ini adalah kesukaan orang indonesia. Harganya juga lumayan mahal kalau di Indonesia gak tau kalau di luar negeri.

Yang penggemar jengkol pasti nggak terima nih. Merek pasti ngeyel dengan bilang kalo jengkol adalah makanan ternikmat di dunia. Pokoknya lebih enak dari ayam, ikan, atau makanan mahal manapun. Sayangnya, bagi sebagian orang dan bagi bule makanan ini terlalu ekstrim. Baunya itu loh, kagak nahan.

Bagi Anda yang ingin menambahkan daftar makanan yang paling ekstrim lainnya silahkan berkomentar dibawah.