5 Langkah Tepat Memandikan Bayi Untuk Ibu Baru
Ilustrasi Bayi Mandi | via pixabay
Belanja Produk Fashion di Threesecond Gratis Ongkir Wah Banget

Memandikan bayi tentu membutuhkan cara tersendiri agar bayi tidak terluka maupun untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. Bayi memiliki kulit sensitif sehingga membutuhkan langkah dan produk khusus seperti sabun bayi tidak pedih dimata dalam memandikannya. Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan ketika memandikan si kecil. Berikut adalah 5 langkah yang tepat dalam memandikan bayi.

Inilah 5 Cara Memandikan Bayi yang Tepat untuk Ibu Baru

1. Menyiapkan air hangat

Memandikan bayi tentu tidak bisa menggunakan air dingin biasa. Anda harus menggunakan air yang bersuhu hangat-hangat kuku agar tetap nyaman untuk kulit bayi. Untuk mengukur apakah suhu air tersebut sudah tepat untuk si kecil, Anda bisa mengukurnya menggunakan siku. Siku lebih sensitive dan tepat untuk mengukur suhu dibanding menggunakan tangan.

Baca Juga: Cara Memandikan Bayi yang Baik dan Benar

2. Tempatkan bayi pada posisi yang tepat

Ketika mandi, tempatkan bayi pada posisi yang tepat untuk menghindari kecelakaan ketika memandikan si kecil. Posisi yang tepat adalah dengan menempatkan bayi menghadap ke atas dan tahan punggung bayi ketika memandikan. Tempatkan perlahan-lahan ke dalam bak mandi bayi.

3. Tempatkan seluruh peralatan mandi dekat jangkauan tangan

Karena Anda tidak mungkin meninggalkan si kecil di dalam bak mandi bayi ketika memandikannya, tentu Anda harus memastikan bahwa seluruh peralatan berada dekat dengan jangkauan. Peralatan ini meliputi sabun mandi cair bayi, sampo maupun handuk untuk si kecil. Hal ini juga agar Anda tidak perlu meletakkan bayi terlalu lama di dalam bak mandi.

Untuk sabun dan sampo, Anda cukup memilih satu produk saja seperti Sleek Baby Natural Antibacterial 2in1 Hair and Body Wash. Cukup dengan satu produk dari Sleek yang tersedia dalam bentuk kemasan botol ini, memandikan bayi menjadi lebih mudah dan nyaman. Selain itu, sabun bayi tidak pedih di matadari Sleek ini mengandung Natural Antibakteri sehingga aman untuk si kecil.

4. Siram air perlahan dari bahu ke bawah

Bagian yang sebaiknya disiram air terlebih dahulu adalah bahu kemudian perlahan turun ke bawah. Sementara bagian kepala cukup diusap air menggunakan tangan saja. Selanjutnya tuangkan sabun bayi di atas spon lembut dan usap ke seluruh bagian tubuh bayi.

5. Jangan Terlalu Lama Memandikan Bayi

Pada dasarnya bayi mempunyai kulit yang sensitif, maka sangat tidak disarankan untuk berlama-lama berendam di air karena akan mempercepat penguapan sehingga dapat menyebabkan kulitnya menjadi lebih kering. Durasi mandi yang ideal berkisar antara 5 sampai 10 menit an dengan air hangat bersuhu sekitar 37 derajat celcius.

Demikianlah artikel kali ini tentang 5 Langkah Tepat Memandikan Bayi untuk Ibu Baru, semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda semua yang sedang mencari informasi tentang cara memandikan bayi. Artikel ini merupakan kategori review. Jadi, jika ada kata yang kurang cocok atau kesalahan dalam penulisan artikel ini bukan merupakan tanggung jawab kami. Terima kasih 🙂

Pilih kartu kredit hanyak di Citibank
loading...