5 Jenis Teh Untuk Menurunkan Lemak Di Tubuh
5 Jenis Teh Untuk Menurunkan Lemak Di Tubuh | Via Pixabay
Threesecond Gratis Ongkir Wah Banget

Wahbanget.com – Seperti yang Kita ketahui Teh sangat sering Kita temui di wilayah pedesaan Indonesia terutama Anda yang tinggal di lereng-lereng gunung pasti lah sudah tak asing lagi dengan yang namanya teh. Jenis teh yang biasa kita temui di pedesaan umunya masih segar dan langsung dari kebunnya.

Teh sebenarnya merupakan minuman yang berasal dari daun yang dikeringkan baik itu daun apa saja. Tetapi, yang paling identik yaitu daun teh itu sendiri.

Sedangkan menurut wikipedia Teh adalah minuman yang mengandung kafeina, sebuah infusi yang dibuat dengan cara menyeduh daun, pucuk daun, atau tangkai daun yang dikeringkan dari tanaman Camellia sinensis dengan air panas. Teh yang berasal dari tanaman teh dibagi menjadi 4 kelompok: teh hitam, teh oolong, teh hijau, dan teh putih.

Teh juga merupakan minuman yang sering dikaitkan dengan banyak manfaat kesehatan, termasuk untuk melindungi sel dari kerusakan dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Bahkan, beberapa penelitian menemukan manfaat teh untuk menurunkan berat badan dan membakar lemak di perut. Lalu, apa saja jenis teh untuk menurunkan berat badan tersebut?

1. Teh hijau

Seperti yang Kita ketahui bahwa teh hijau merupakan salah satu jenis teh yang paling efektif untuk menurunkan berat badan dan membakar lemak.

Teh hijau juga mengandung antioksidan katekin yang berguna untuk meningkatkan metabolisme tubuh untuk mempercepat pembakaran lemak.

Baca Juga: Manfaat Es Batu Untuk Menguras Lemak Dalam Waktu 12 Hari

Dari sebuah penelitian yang dimuat oleh jurnal Physiology of Behavior telah membuktikan manfaat teh hijau setelah mengamati 60 orang obesitas yang diminta untuk berdiet. Sebagian dari mereka diminta rutin untuk meminum teh hijau selama 12 minggu.

Hasilnya, orang-orang yang rutin berdiet sembari minum teh hijau mengalami penurunan berat badan hingga 3,3 kilogram lebih banyak daripada yang hanya berdiet saja.

Penelitian lain dengan rentang waktu percobaan yang sama juga melaporkan hal serupa.

Bahkan penelitian ini juga menemukan bahwa teh hijau ikut memangkas lebar lingkar pinggang secara dramatis.

2. Teh hitam

Teh hitam dipercaya bisa menurunkan berat badan. Bahkan, beberapa penelitian menemukan bahwa teh hitam efektif untuk menurunkan berat badan.

Salah satu penelitian yang dilakukan terhadap 111 orang menemukan bahwa minum tiga cangkir teh hitam setiap hari selama tiga bulan secara signifikan meningkatkan penurunan berat badan.

Selain itu, teh hitam juga bisa membantu mengurangi lingkar pinggang, dibandingkan dengan meminum minuman kontrol yang mengandung kafein juga.

Kandungan flavonoid yang tinggi pada teh hitam menjadi alasan mengapa teh hitam memberikan efek penurunan berat badan.

 

loading...