5 Hal ini dapat menyebabkan baterai ponsel cepat rusak
Kumpulan Baterai Ponsel | Pixabay

Di zaman sekarang ini ponsel merupakan hal yang wajib dibawa kemana-mana. Ponsel atau biasa disebut gadget mempunyai keterikatan yang begitu kuat dengan kita. Dari situlah banyak yang menyebabkan baterai ponsel cepat rusak.

Banyak hal yang bisa kamu lakukkan dengan menggunakan gadget. Dimulai dari Browsing, Chatting, Atau cuman dengerin musik.

Mungkin bagi kamu yang seneng banget lama-lama dengan ponsel pasti sering banget ngerasain bagaimana jika kamu lagi happy mainin tuh gadget, tiba-tiba ponsel kamu lowbat.

Nah, kamu pasti kesel kalau terjadi hal seperti itu. Di postingan ini saya akan bahas beberapa hal yang dapat membuat ponsel cepeat habis baterainya.

Jadi, supaya baterai ponselmu awet, hindari 4 kesalahan ini:

1. Jangan Biarkan Colokan Charger Masih Nempel Saat Baterai Sudah Penuh


Membiarkan charger masih nempel saat baterai sudah penuh itu tidak baik, apalagi kalau dibiarkan sampai semalaman.

Tetapi, ada yang bilang kalau teknologi chrager sekarang itu sudah menggunakan sistem cut off. Jadi, cara kerjanya akan memutuskan aliran listrik ke baterai ketika ponsel terisi penuh.

Memang di dalam baterai ini tersimpan bahan kimia tegangan tinggi. Jadi, saat sudah terisi penuh, lebih baik lepaskan baterai dari perangkat pengisi daya.

Banyak sebenarnya kejadian yang kelamaan mengisi baterai yang akibatnya ponsel meledak.

2. Mengisi Daya Hingga 100%

Pasti  kamu sudah sering melakukannya. Tapi sebenarnya, memang lebih baik tidak mengisi daya smartphone hingga penuh. Jika sudah terlalu full, tegangan tinggi yang ada di dalam baterai perlahan akan merusak baterai.

Tetapi, saya sedikit ragu dengan pendapat ini. Soalnya, banyak yang bilang kalau mengisi baterai ponsel itu harus 100% supaya umur baterai lebih lama.

Mungkin penjelasan itu diambil dari sumber yang menyatakan kalau baterai ponsel itu mempunyai batas charger. Ada yang 10.000 kali bahkan lebih. Jadi, mendingan ngisi sampe full biar gak mubah.

Cuman sebenarnya, Cukup colokkan charger saat siang hari saja, jangan ditinggal tidur semalaman.

3. Membiarkan Colokkan Charger Terus Menempel Seharian Diponsel

Cara ini biasa kamu  lakukkan jika kamu menggunakan ponsel untuk main game atau mendengarkan musik. Sebenarnya ini akan membuat baterai ponsel cepet rusak.

Bayangkan baterai smartphone-mu akan jadi kepanasan jika terus diisi dayanya. Bukannya jadi awet, baterai smartphone-mu malah bakalan cepat rusak.

4. Jaga Baterai Tetap Adem

Semua orang pasti butuh ketenangan eaa ngga. Ini juga berguna bagi baterai ponsel kamu. Jangan sampai baterai ponsel anda kepanasan.

Ketika kita main game, kita gak nyadar kalau baterai ponsel kita kepanasan.

Baterai smartphone sangat sensitif terhadap panas. Jika baterai ponselmu tiba-tiba terasa panas, lepaskan charger dari perangkat/diamkan terlebih dahulu.

Jika Anda sedang diluar ruangan jangan biarkan ponsel Anda kepanasan karena sinar matahari.

Lebih baik simpan ponsel Anda ditempat yang sejuk seperti Tas. Jangan simpan di saku celana karena akan menyebabkan panas berlebih.

5. Keseringan Bermain Game

Game memang menjadi daya tarik tersendiri untuk pengguna ponsel. Pasalnya game sekarang mulai bervariasi dari mulai Shoot sampai Strategi.

Baca: 3 Perusahaan Besar Ini Pernah Mengalami Kegagalan Lho

Tapi, jangan keseringan bermain game karena akan menyebabkan baterai ponsel mengalami pengurasan yang drastis.

Nah, kalau sudah tahu kesalahan-kesalahan ini, harus lebih sadar terhadap ponselmu, ya!

Demikian artikel tentang Hal yang membuat baterai ponsel cepat rusak. Semoga bermanfaat bagi Anda yang menjalankannya :D.

Nb: Kalau ada yang mau menambahkan atau keliru tentang pendapat saya. Mungkin Anda bisa curat coret di komentar. Terima kasih