Belanja Produk Fashion di Threesecond Gratis Ongkir Wah Banget

Namun, perusahaan Netflix di tahun 2011 menanggapi dampak yang signifikan ini secara serius dengan melakukkan kanibal terhadap bisnis inti mereka yakni menggeser fokus bisnis dari penyewaan DVD menjadi streaming. Ini merupakan keputusan besar yang berhasil menjaga keberlangsungan perusahaan pada kemudian hari sehingga tidak mengikuti kebangkrutan pesaingnya, Blockbuster.

3. transformasi yang tak terelakkan (the inevitable transformation)

Nah, untuk  tahap ini beberapa model bisnis batu sudah teruji dan terbukti lebih baik dari model bisnis yang lama. Oleh karena itu, perusahaan incumbent akan mengakselerasi transformasi menuju model bisnis baru. Namun demikian, transformasi pada tahap ini akan lebih berat mengingat perusahaan incumbent relatif sudah besar dan gemuk sehingga tidak selincah dan seadaptif perusahaan-perusahaan pendatang baru (startup company) yang hadir dengan model bisnis baru.

Oleh sebab itu, pada tahap ini perusahaan sudah tertekan pada sisi kinerja keuangan sehingga akan menekan budget bahkan mengurangi beberapa aktivitas bisnis dan fokus hanya pada inti bisnis perusahaan incumbent.

Baca :  10 Skill Yang Harus Dimiliki Untuk Menghadapi Revolusi Industri 4.0

4. adaptasi pada keseimbangan baru (adapting to the new normal)

Pada tahap ini, perusahaan incumbent sudah tidak memiliki pilihan lain selain menerima dan menyesuaikan pada keseimbangan baru karena fundamental industri telah berubah dan juga perusahaan incumbent tidak lagi menjadi pemain yang dominan. Perusahaan incumbent hanya dapat berupaya untuk tetap bertahan di tengah terpaan kompetisi.

Pada tahap inipun para pengambil keputusan di perusahaan incumbent perlu jeli dalam mengambil keputusan seperti halnya Kodak yang keluar lebih cepat dari industry fotografi sehingga tidak mengalami keterperosokan yang semakin dalam. Berangkat dari tahapan-tahapan ini seyogianya masing-masing perusahaan dapat melakukan deteksi dini posisi perusahaan sehingga dapat menetapkan langkah antisipasi yang tepat.

Demikian postingan tentang 4 Tahapan Perusahaan Untuk Adaptasi pada Revolusi Industri 4.0, semoga artikel ini dapat bermanfaat khususnya bagi Anda yang tidak ingin perusahaannya mengalami kebangkrutan karena Disrupsi.

Sumber: https://id.beritasatu.com/home/revolusi-industri-40/145390

Pilih kartu kredit hanyak di Citibank
loading...