3 Cara Untuk Menghindari Penipuan Lowongan Pekerjaan
Ilustration Girl Work | Via Pixabay

3 Cara Untuk Menghindari Penipuan Lowongan Pekerjaan – Wahbanget! Mungkin dari kalian ada yang pernah mendapatkan info lowongan kerja yang beriming-iming langsung diterima tanpa melakukkan serangkaian tes terlebih dahulu. Nah, harusnya dari situ kalian sudah mulai curiga!. Apa ada perusaaan yang mau memasukkan karyawannya tanpa melakukkan serangkaian tes terlebih dahulu? Ya jelas enggak lah. Palingan cuma usaha mandiri aja yang gak ada serangkaian tes mah bukan perusahaan.

Atau yang paling banyak terjadi nih, pernahkah Anda dimintai sejumlah uang supaya Anda bisa langsung bergabung atau kerja di sebuah perusahaan? Jika pernah, mungkin Anda termasuk salah satu korban penipuan dari perusahaan fiktif.

Tak dapat dipungkiri bahwa bila saat ini masih banyak orang yang memanfaatkan orang yang sedang kesusahan. Pihak tersebut akan mengambil keuntungan dari kelengahan orang lain. Apalagi jika sasarannya adalah para pencari kerja.

Lebih buruknya lagi, beberapa penipuan loker palsu ini mengatasnamakan perusahaan besar supaya bisa timbul kepercayaan dari para pencari kerja terhadap tawaran perusahaan bodong alias fiktif.

Menurut manajemen PT Jobstreet Indonesia, Lina salah satu penipuan terjadi dengan menggunakan dalih mengundang interview para pencari kerja.


“Awalnya mengundang interview, lalu mereka (perusahaan) meminta baayran untuk dapat bergabung dan bekerja di perusahaan tersebut,” katanya dalam sebuah keterangan tertulis yang diterima melalui pesan elektronik, Jakarta, Kamis (16/5/2013).

Untuk Menghindari Penipuan Lowongan Kerja, kalian bisa mengikuti ulasan dibawah ini seperti yang saya dapatkan dari sumber terpercaya yaitu liputan6.com,  supaya kalian para pencaker bisa mempertimbangkan pekerjaan yang sedang dilamar.

Baca Juga: Wah!! Harga Bitcoin Sekarang Capai 55 Juta, Mencengangkan!!, Simak Penjelasanya!!

Cara Untuk Menghindari Penipuan Lowongan Pekerjaan. Beberapa diantaranya adalah :

1. Kredibilitas perusahaan

Hal ini dapat Anda lihat dari informasi yang disampaikan pada saat mengundang interview. Misalnya jika undangan dikirimkan via email, maka Divisi Sumber Daya Manusia (Human Resource and Development/HRD) akan menggunakan email perusahaan. Jika menggunakan telepon, pastikan pihak HRD menggunakan telepon kantor.

2. Posisi yang ditawarkan

Jangan sampai Anda membuang waktu untuk datang ke sebuah interview yang berujung menawarkan bisnis multi level marketing(MLM) atau tidak sesuai dengan iklan lowongan yang dipasang.

3. Pungutan Biaya

Modus penipuan yang saat ini sering digunakan oleh pihak ‘perusahaan’ adalah memungut biaya dengan alasan pelatihan ataupun alasan lainnya. Jika memang hal ini terjadi, disarankan bagi Anda segera melaporkannya kepada pihak yang berwajib. (Fik/Ndw)

Demikian postingan kali ini, semoga artikel ini dapat menambah informasi dan wawasan para pembaca web ini khususnya bagi Anda yang saat ini sedang mencari info lowongan kerja. Saya juga merasakan apa yang saya tulis ini merupakan pengalaman saya dalam mencari informasi lowongan kerja. Terima Kasih, silahkan tinggalkan komentar yang positifi untuk membangun website ini menjadi lebih baik.