10 Skill Yang Perlu Dimiliki Untuk Menghadapi Revolusi Industri 4.0
Ilustration Women Career On Revolusi Industry 4.0 | Via Pexels.com
Belanja Produk Fashion di Threesecond Gratis Ongkir Wah Banget

Wahbanget.com – Seperti yang diramalkan oleh para pakar bahwa pada tahun 2020, dunia ini akan memasuki era revolusi industri 4.0. Di era tersebut, nantinya akan banyak sekali bermunculan robot canggih yang dilengkapi kecerdasan buatan, superkomputer, kendaraan otonom, 3D printing, serta pengoptimasian fungsi otak manusia dengan melakukkan editting genetik dan perkembangan neuroteknologi.

Kalau kita lihat, mungkin akan terlihat canggih dan membuat takjub. Namun, diibalik itu semua ada dampak yang ditimbulkannya. Seperti yang dilansir dari Teknologi.id yang dikutip dari hasil Forum Internasional tahunan yang bertemakan “Mastering the Fourth Industrial Revolution” pada tahun 2016 lalu, yang menyebutkan bahwa Revolusi Industri 4.0 ni akan menyebabkan disrupsi atau gangguan bukan hanya di bidang bisnis saja, namun juga pada pasar tenaga kerja. Untuk itu kalian harus tahu dulu pengertian Revolusi Industri 4.0 dan sejarah perkembangannya!.

Hal ini berarti akan banyak sekali jenis pekerjaan yang hilang dan tergantikan oleh fungsi Robot Canggih atau yang biasa Kita kenal dengan sebutan Artificial Intelligence (Kecerdasan Buatan). Para tenaga manusia pun tidak menutup kemungkinan akan menghadapi berbagai jenis pekerjaan baru yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya, sehingga dari adanya revolusi 4.0 ini menuntut Kita untuk terus mengembangkan skill yang sekiranya dapat bermanfaat serta banyak diperlukan di masa depan.

Dan Inilah 10 Keterampilan Yang Harus Dikuasai Pada Era Revolusi Industri 4.0

1. Complex problem solving

Pengertian Complex Problem Solving disini merupakan suatu kemampuan untuk melakukan penyelesaian masalah kompleks dengan dimulai dari tatacara melakukan identifikasi, menentukan elemen utama masalah, meihat berbagai kemungkinan sebagai solusi, melakukan aksi/tindakan untuk menyelesaikan masalah, serta mencari pelajaran untuk dipelajari dalam rangka penyelesaian masalah.

Baca Juga: 8 Bidang Industri Di Indonesia Yang Tergeser Dunia Digital

2. Critical thinking

Aplikasi Tunai Kita Untuk Kemudahan Dalam Peminjaman Jangka Panjang

Nah, yang kedua yaitu Critical Thinking atau bisa kita kenal dengan kemampuan untuk berpikir kritis dan tentunya masuk akal, koginitif dan membentuk strategi yang akan meningkatkan kemungkinan hasil yang Kita harapkan. Sikap berpikir kritis juga diharuskan dengan mempunyai tujuan yang jelas, beralasan, dan berorientasi pada sasaran.

3. Creativity

Nah, poin ini yang paling penting yaitu Creativity atau bisa Kita kenal dengan sebutan kreatifitas. Kreatifitas sendiri adalah kemampuan dan kemauan untuk terus berinovasi dan menemukan sesuatu ide yang unik serta bisa bermanfaat bagi kehidupan masyarakat dan lingkungan.

4. People management

Untuk urusan People management Kita diharuskan agar memiliki kemampuan leadership atau kepemimpinan.  Karena People management sendiri adalah kemampuan untuk mengatur, memimpin dan memanfaatkan sumber daya manusia secara tepat sasaran dan efektif.

5. Coordinating with other

Didalam kehidupan kehidupan pendidikan, Kita sering kali disuruh untuk berkelompok dan mengerjakan sesuatu secara berkelompok. Nah, maksud dan tujuannya jelas yaitu untuk mengembangkan kemampuan berkerjasama antar tim ataupun bekerja dengan orang lain yang berasal dari luar tim.

Pilih kartu kredit hanyak di Citibank
loading...