siapa yang gak kenal band asal Britania Raya, yang terbentuk pada tahun 1985. Band ini terdiri dari Thom Yorke(vokal utama,rhythm gitar,piano),Jonny Greenwood(lead gitar,keyboard,modular synthesizer,Ondes Martenot,glockenspiel, dan lain-lain),Ed O’Brien(gitar, vokal,perkusitambahan),Colin Greenwood(gitar bass,synthesizer,Phil Selway(drum,perkusi).

Radiohead rayakan album
Radiohead (Foto: Facebook @radiohead)

Pada 21 Mei lalu, album ketiga Radiohead, ‘OK Computer’, genap berusia 20 tahun. Untuk merayakannya, Radiohead merilis album spesial berjudul ‘OKNOTOK’ yang merupakan rilisan ulang ‘OK Computer’. Mereka pun merilisnya hari ini, Jumat (23/6).

Dirilis melalui XL Recordings, ‘OKNOTOK’ adalah buruan para kolektor yang juga penggemar berat Radiohead. Album tersebut berisi 12 lagu dengan kualitas mumpuni dari album ‘OK Computer’ di Disc 1, seperti ‘Airbag’, ‘Paranoid Android’, ‘Karma Police’, ‘No Surprises’, dan lagu-lagu lainnya.

Sedangkan Disc 2 berisi lagu-lagu yang merupakan bonus material lengkap dengan 3 lagu yang belum pernah dirilis Radiohead sebelumnya, yaitu ‘I Promise’, ‘Lift’, dan ‘Man of War’. Beberapa waktu lalu, Thom Yorke, Jonny Greenwood, Ed O’Brien, Colin Greenwood, dan Phil Selway membawakan ‘I Promise’ untuk pertama kalinya di Osli, Norwegia, setelah 21 tahun.

Vokalis radiohead thom yorke
Vokalis Radiohead Thom Yorke (Foto: radiohead/instagram)

Menariknya, album ini juga didedikasikan pada mantan kekasih Yorke selama 23 tahun, yaitu dokter Rachel Owen yang memberinya dua orang anak, Noah dan Agnes. Meski Yorke dan Owen berpisah pada Agustus 2015, keduanya masih berhubungan dengan baik hingga Owen meninggal pada Desember tahun lalu.

“Album ini (‘OKNOTOK’) juga ditujukan untuk mengenang dokter Rachel Owen (1968-2016) yang meninggal dunia karena pertarungannya melawan kanker. Kami harap kau baik-baik saja. Terima kasih telah mendengarkan,” jelas sebuah tulisan di cover belakang vinyl ‘OKNOTOK’.


Sekadar informasi, perpisahan Yorke dengan Owen adalah salah satu peristiwa yang berpengaruh bagi Yorke dan Radiohead hingga terciptalah album ‘A Moon Shaped Pool’.

Selain itu, pada 22 Juni lalu, Radiohead merilis video klip lagu ‘Man of War’ melalui akun YouTube mereka. Hingga kini, video klip tersebut sudah mendapat lebih dari 500.000 viewers.

Baca Juga: Setelah Berhenti Minum Bir Aktor Holywood Ini Alami Perubahan Fisik

‘OKNOTOK’ akan hadir secara fisik maupun non-fisik, yaitu secara digital, double CD, dan triple LP (Long Play) vinyl. Ada juga boxed edition yang akan hadir di bulan Juli, lengkap dengan kotak hitam yang menampilkan salinan ‘OK Computer’ yang dibakar, tiga vinyl dengan berat 180 gram, buku yang berisi lebih dari 30 artworks Radiohead yang belum pernah kamu lihat sebelumnya, dan lirik semua lagu.

Selain itu, ada notebook yang merupakan catatan Thom Yorke, sang vokalis, sebanyak 104 halaman, buku sketsa yang terdiri dari karya Donwood dan Tchock sebanyak 48 halaman, serta rekaman kaset C90 yang diambil dari arsip-arsip ‘OK Computer’ dan rekaman demo.

‘OK Computer’ sendiri dirilis pada tahun 1997 di bawah label EMI. Diproduseri Radiohead dan Nigel Godrich, album ini disebut sebagai salah satu album terbaik sepanjang masa oleh para pendegar, kritikus musik, dan musisi. Hingga kini, ‘OK Computer’ telah terjual sebanyak lebih dari 4,5 juta kopi di dunia.

Lirik dan musik di album tersebut menggambarkan dunia yang penuh dengan konsumerisme yang merajalela, keterasingan sosial, isolasi emosional, dan kelesuan politik. Maka dari itu, tidak heran apabila ‘OK Computer’ sering disebut sebagai suasana kehidupan di abad ke-21.